Shin Tae-yong Berang Aturan Head to Head Bikin Indonesia Gagal ke Semifinal Piala AFF

timnas U-19

Tim nasional Indonesia U-19 menang 5-1 atas Myanmar U-19 pada penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Foto: Instagram/@PSSI

INDOPOS.CO.ID – Pelatih Tim Nasional (Timnas) U-19 Indonesia Shin Tae-yong menyesalkan aturan head to head masih diberlakukan di Piala AFF U-19 2022. Akibat ketentuan tersebut, Indonesia gagal melaju ke semifinal.

Regulasi Piala AFF U-19 2022 menentukan tiga tim teratas dengan nilai yang sama akan ditentukan melalui head-to-head dari ketiga kontestan tersebut.

Padahal Timnas U-19 Indonesia menang telak 5-1 atas Myanmar dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF U-19 2022, di Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi, Jawa Barat, Minggu (10/7/2022).

Kemenangan rupanya tersebut tidak cukup membawa Muhammad Ferrari dan kawan-kawan lolos dari fase Grup A. Lantaran pada waktu bersamaan laga Thailand kontra Vietnam di Stadion Madya, Senayan, Jakarta Pusat, hanya berakhir 1-1.

Hasil itu membuat Thailand dan Vietnam lebih unggul di head to head, meski poin mereka sama dengan Garuda Nusantara julukan timnas U1-9 Indonesia yang mengantongi 11 poin.

“(Aturan) head-to-head seperti situasi sekarang ini, memang sudah hilang kalau regulasi FIFA atau AFC, tetapi sedikit aneh memang masih ada di AFF regulasi ini,” kata Shin Tae-yong usai pertandingan di Stadion Patriot Candrabaga, Minggu (10/7/2022) malam.

Media Officer PSSI, Bandung Saputra mengatakan, syarat lolos ke semifinal, Indonesia harus menang dengan berapapun skornya. Di laga lain, Vietnam versus Thailand harus saling mengalahkan atau Vietnam dan Thailand bermain imbang skor 0-0.

“Tetapi kalau laga Vietnam dan Thailand imbang 1-1, 2-2, atau lebih, maka Indonesia tidak Lolos ke semifinal. Pasalnya, peluang lolos ke semifinal akan dilihat juga dari head to head,” ucap Bandung Saputra kepada wartawan, Sabtu (9/7/2022).

Apalagi timnas Indonesia U-19 hanya mampu meraih hasil imbang tanpa gol saat berjumpa Vietnam dan Thailand di fase penyisihan Grup A Piala AFF U-19 2022. Produktivitas gol Indonesia kalah apabila duel antara Thailand melawan Vietnam berakhir imbang dengan gol.(dan)

Exit mobile version