Dua Gol Haaland Bantu City Kalahkan West Ham

E-Haaland

Erling Haaland merayakan gol keduanya untuk Man City saat bertanding melawan West Ham. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Erling Haaland mencetak dua gol saat Manchester City memulai pertahanan gelar Liga Premier mereka dengan percaya diri melawan West Ham United. Manchester City mengalahkan West Ham 2-0 di London Stadium, London, Minggu (7/8/2022) malam WIB.

Erling Haaland memulai debutnya dengan manis di Liga Inggris 2022/2023. Dua gol Haaland sukses membungkam keraguan banyak pihak terhadap performa eks pemain Borussia Dortmund tersebut. Sebelumnya, Haaland sempat dicap pembelian gagal karena gagal membuat Man City juara Community Shield 2022.

Pada pertandingan tersebut, gagal berkutik menghadapi barisan pertahanan Liverpool. Ia beberapa kali gagal melewati Virgil van Dijk.

Beruntung semua orang kini bisa melupakan penampilan tersebut setelah Haaland tampil sangat impresif pada laga debutnya di Liga Inggris. Pemain berusia 22 tahun tersebut menunjukkan insting golnya masih sangat tajam.

Penampilannya di babak pertama tak begitu memukau. Pertahanan blok rendah West Ham menyulitkan pemain timnas Norwegia itu mencari ruang untuk mencetak. Ada sejumlah kesempatan memang yang diperoleh, tetapi tak begitu bagus.

Walaupun demikian, Haaland berhasil membuat Man City unggul lebih dulu di menit ke-36 lewat titik putih. Ia berhasil lepas dari kawalan pemain West Ham dan nyaris mencetak gol, akan tetapi kiper Alphonse Areola melanggarnya.

Haaland semakin menunjukkan tajinya di babak kedua. West Ham yang coba mengejar ketertinggalan, membuat garis pertahanan jadi tinggi. Hal tersebut yang berulang kali coba dieksploitasi Haaland.

Di menit ke-65, upaya tersebut berakhir manis. Haaland menerima umpan matang dari Kevin de Bruyne. Lewat kecepatannya, ia berhasil mengejar bola dan menghadapi Areola satu lawan satu. Haaland dengan tenang menaklukkan sang kiper untuk kali kedua.

Pep Guardiola kemudian menyebut gelandang Gundogan sebagai salah satu komponen paling penting City menyusul kinerja tim yang luar biasa sambil juga memuji peningkatan besar yang dibuat sejak kekalahan Community Shield dari Liverpool delapan hari lalu.

Permainan berbalik menguntungkan City setelah West Ham dipaksa untuk mengganti penjaga gawang di pertengahan babak pertama, menarik Lukasz Fabianski yang cedera dan memasukkan Alphonse Areola, yang membuat Haaland “lapar” gol.

Kesalahan kiper pengganti membuka peluang emas bagi mantan penyerang Borussia Dortmund itu, yang aksi cerdiknya didapat dari operan tepat Gundogan sebelum ditepis Areola.

Pertandingan berakhir ketika Haaland mengejar bola terobosan De Bruyne sembilan menit setelah kegagalan Rice, membuat Areola terdampar saat ia menyapu ke sudut jauh.

“Haaland dengan cepat beradaptasi dengan gaya permainan juara Liga Premier, kata Guardiola seperti dilansir Sky Sports News, Senin (8/8/2022).

Striker itu disebut sebagai “senjata” oleh manajernya ( Guardiola) karena penampilannya yang luar biasa, sementara kualitas yang ditampilkan dari sudut pandang tim juga membuat pemain Spanyol itu senang.

“Dua tahun terakhir kami tidak bisa melakukannya di sini. Kami membuat penampilan luar biasa di mana-mana hari ini. Kami jauh lebih agresif. Melawan Liverpool itu benar-benar buruk, tetapi hari ini kami bermain sangat baik,” ungkapnya.

“Tentu saja Erling mencetak dua gol pertamanya penting baginya. Dia memiliki ancaman yang bagus. Senjata lain yang kami miliki sekarang, tetapi dia tidak akan menyelesaikan semua masalah kami. Kami berbicara tentang tim, seperti yang kami inginkan. Untuk bermain, kami ingin menciptakan peluang. Kami menemukan momen yang tepat dengan gol-gol hari ini,” tutur Guardiola.

“Dia sangat tenang, dalam menangani banyak kritik minggu ini. Cara dia mengambil bola untuk penalti, saya suka itu. Anda harus menunjukkan ambisi. Saya sangat suka itu. Yang saya inginkan adalah menjadi bagian dari sesuatu. Perdebatan berakhir, saya tahu dia akan mencetak gol,” tambahnya.

“Saya beruntung sebagai manajer bersama (Lionel) Messi; jika dia mencetak satu dia ingin dua, dia ingin dua, dia ingin tiga. Striker top, mereka tidak pernah puas. Mereka selalu lapar, kelaparan. Tapi saya ingin melibatkan semuanya. Dari pemain baru. Kaki segar dan pikiran segar,” tutup Guardiola.(dam)

Exit mobile version