Rangers Lolos ke Fase Group Liga Champions

Selebrasi-Kemenangan

James Tavernier dari Rangers melakukan selebrasi setelah menang melawan PSV Eindhoven. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Rangers memastikan loloa ke fase grup Liga Champions 2022/2023 setelah menang agregat 3-2 atas PSV Eindhoven. Ini merupakan pengalaman pertama kalinya Rangers lolos ke fase group Liga Champions sejak 2010.

Pada pertandingan Play Off Liga Champions leg kedua, Rangers menang tipis 1-0 atas PSV di Philips Stadium, Eindhoven, Belanda, Kamis (25/8/2022) dini hari WIB.

Gol Antonio Colak sudah cukup untuk memastikan kemenangan 1-0 di PSV saat tim asuhan Giovanni van Bronckhorst itu mengamankan kemenangan agregat 3-2 untuk mendapat tiket di fase group Liga Champions.

Bos Rangers Giovanni van Bronckhorst mengatakan timnya siap untuk bersaing dengan tim terbaik di Eropa setelah mereka mencapai babak penyisihan grup Liga Champions untuk pertama kalinya setelah lebih dari satu dekade.

“Momen yang sangat membanggakan karena saya tahu apa artinya bagi semua orang yang terlibat bermain di level tertinggi melawan tim-tim terbaik,” kata Giovanni van Bronckhorst, seperti dilansir Sky Sports News, Kamis (25/8/2022).

“Kami di sini untuk bersaing. Kami ingin bersaing dengan tim-tim terbaik di Eropa. Ini akan sulit tetapi ini adalah pengalaman yang akan saya sukai,” ungkapnya.

Meski tampil di kandang lawan, Rangers justru terlihat lebih dominan. Skuad besutan Giovanni van Bronchkorst ini leluasa dalam menekan dan menyerang.

Gol yang ditunggu-tunggu itu akhirnya tiba. Rangers harus berterima kasih kepada ujung tombaknya, Antonio-Mirko Colak. Gol semata wayangnya di menit ke-60 sudah cukup untuk memastikan kemenangan Rangers atas PSV.

Bagi PSV, kekalahan ini memupus harapannya untuk berlaga di Liga Champions. Perwakilan Eredivisie ini harus puas berlaga di Liga Europa 2022/2023.

PSV Eindhoven langsung mendapatkan kesempatan mencetak gol di awal pertandingan. Tendangan Cody Gakpo dari luar kotak penalti di menit ke-4 masih bisa diselamatkan kiper Jon McLaughlin.

Menit ke-13 giliran Rangers mendapat kesempatan. Ryan Kent melepaskan tendangan jarak jauh dari sudut sempit, namun arah bolanya terlalu tepat ke tengah sehingga mudah diamankan kiper Walter Benitez.

Rangers kembali mendapatkan peluang di menit ke-26 melalui sepakan keras John Lundstram. Usai mendapat umpan cutback, tendangannya dari luar kotak penalti hanya menyasar sisi kanan gawang PSV.

PSV mendapatkan peluang yang sangat dekat dengan gawang di menit ke-42. Luuk de Jong berhasil menyelinap dari penjagaan pemain bertahan Rangers untuk menyambut umpan silang Jordan Teze. Sayangnya, sentuhan terakhirnya justru tepat ke arah kiper.

Semenit berselang, PSV kembali mendapatkan peluang emas yang sangat terbuka. Kali ini, Cody Gakpo yang menyia-nyiakan peluang setelah tendangannya masih melambung di atas mistar.

Rangers mengambil inisiatif serangan di awal babak kedua. Di menit ke-56, tendangan keras Tom Lawrence hanya membentur mistar sebelah kanan.

Inisiatif serangan itu berbuah manis di menit ke-60. Rangers sukses memecah kebuntuan lebih dulu. Colak berhasil meneruskan umpan silang dari Mark Tillman untuk bisa membuat publik tuan rumah terhenyak.

PSV punya kesempatan besar menyamakan kedudukan di menit ke-72. Philipp Max mendapat umpan matang dari Xavi Simons. Namun, tendangan jarak dekatnya masih menyamping dari gawang.

Dua menit kemudian, giliran Gakpo yang punya peluang lebih terbuka dari area tengah kotak penalti. Tendangannya kembali diselamatkan oleh McLaughlin.

PSV kembali mendapatkan kesempatan di menit ke-90+1 melalui Armando Obispo. Sayang sekali, upayanya tidak membuahkan hasil. (dam)

Exit mobile version