Jaring Bibit-bibit Atlet, INKAI Gelar Kejurnas ALT CUP IV 2022 Digelar

karate

Kejuaraan nasional (Kejurnas) INKAI ALT Cup IV 2022 digelar. Foto: Kemenpora untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Setelah dua tahun tertunda karena pandemi, Kejurnas Institut Karate-Do Indonesia (INKAI) kembali digelar. Kejuaraan Nasional (Kejurnas) INKAI Albert Lumban Tobing (ALT) Cup IV 2022 diikuti karateka dari seluruh Indonesia.

“Atlet-atlet karate khususnya INKAI harus memberikan prestasi hingga tingkat dunia,” ujar Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali di Jakarta, Sabtu (27/8/2022).

Ia mengatakan, ada negara kecil dengan jumlah penduduk hanya 2 juta jiwa namun mempunyai prestasi olahraganya yang luar biasa yaitu Jamaika.

“Kami berharap dari event ini melahirkan atlet-atlet dunia khususnya dari INKAI,” kata Zainudin.

Ketua panitia Kejurnas ALT CUP IV 2022, Kolonel Laut (S) Ferry Mulyadi Arifin mengatakan, kejurnas digelar keempat untuk menghormati sang pendiri Albert Lumban Tobing. Selain itu, menjadi sarana untuk bertemu dan mengasah keahlian dan pengetahuan dalam olahraga bela diri Karate semua anggota.

Menurut dia, ada banyak nomor yang dipertandingkan dalam Kejurnas yang digelar hingga 28 Agustus besok. Lebih 300 nomor pertandingan, baik Kata maupun Kumite. Dari pemula, kadet, junior, under 21, dan senior.

“Dari event ini kami mencari wakil-wakil INKAI yang nantinya akan bertanding di kejuaraan nasional karate dari Forki (Federasi Olahraga Karate-Do Indonesia),” ujarnya.

Hal yang sama diungkapkan Ketua Umum Pengurus Pusat INKAI, Laksamana Muda TNI Ivan Yulivan. Dia mengatakan, kejuaraan ini digelar untuk mencari atlet terbaik di kelasnya masing-masing. Para pemenang di setiap nomor kompetisi selanjutnya akan dikirim untuk mengikuti Kejurnas PB Forki.

“Melalui kejuaraan ini, kami mencari bibit atlet berprestasi dengan sasaran diberangkatkan ke Kejurnas Forki. Kami akan saring jadi sekitar 90 atlet terbaik dari kejuaraan ini,” katanya. (nas)

Exit mobile version