Haornas, Dokter Ungkap Manfaatnya Bagi Kesehatan Jiwa

haornas

Ilustrasi seseorang berolahraga lari. Foto: Freepik

INDOPOS.CO.ID – Peringatan Hari Olahraga Nasional atau Haornas diperingati setiap 9 September. Kali ini merupakan peringatan ke-39 dengan tema ‘Bersama Cetak Juara’. Ada beragam manfaat olahraga bagi kesehatan tubuh.

Dokter spesialis olahraga Michael Triangto mengatakan, olahraga baik untuk kesehatan tubuh, misalnya jantung, paru-paru, tulang, otot, sendi, serta keseimbangan hormonal.

“Metabolisme, koordinasi gerak, keseimbangan dan ketrampilan gerak juga untuk kesehatan jiwa,” kata Michael melalui gawai, Jakarta, Jumat (9/9/2022).

Selain itu, meringankan keluhan seperti sakit pada tengkuk, nyeri pada otot bahkan gangguan mood yang pada akhirnya mengganggu konsentrasi dan produktivitas kerja.

“Olahraga dengan dosis tepat dapat mengatasi stress, dengan menekan kerja hormon kortisol dan adrenalin,” ujar Michael.

Bahkan, olahraga dapat merangsang produksi hormon endorfin, yang merupakan natural painkiller. Sehingga membuat seseorang yang biasa melakukan aktivitas tersebut ingin terus berolahraga.

“Hal lain olahraga, mengatasi gangguan mental, tidak harus berat dan hal ini ditunjukkan pada olahraga yoga, (bela diri) tai chi, meditasi yang dengan pengaturan nafas mampu memperbaiki denyut jantung dan menurunkan tekanan darah secara cepat,” jelasnya.

Haornas diperingati setiap melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 67/1985. Sebelumnya, perayaan Hari Olahraga Nasional mengalami penundaan akibat pandemi Covid-19. Kini, Hari Olahraga Nasional kembali dirayakan secara luring atau offline.

Berdasar laman Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora RI), pada penyelenggaraan Hari Olahraga Nasional tahun 2022, pemerintah akan memberikan penghargaan kepada para pelaku olahraga, serta atlet dan pelatih berjasa dalam mengharumkan nama bangsa dan negara. (dan)

Exit mobile version