Bangkitkan Semangat UMKM Lokal dan Menjaring Atlet Sepeda Nasional

sepeda

Pebalap sepeda di Tour of Kemala Belitong 2022. Foto: Tour of Kemala Belitong 2022 untuk INDOPOS.CO.ID

INDOPOS.CO.ID – Marco Salvador Lumanong (29) dari Filipina keluar sebagai pemenang untuk kategori Men Elite, Tour of Kemala Belitong 2022. Ia berhak atas hadiah Rp7,5 juta.

“Trek jalan di Belitung, penuh turunan dan tanjakan. Jadi sulit saat mengayuh sepeda untuk menembus garis finish,” kata Marco dalam keterangannya, Minggu (18/9/2022).

Ia mengakui, Belitung memiliki pesona tersendiri, dengan pemandangan yang indah dan memuaskan mata.

“Saya akan ajak teman-teman dari Filipina jika digelar kembali acara seperti ini,” ucap Marco.

Pada hari kedua, Tour of Kemala Belitong 2022 memperlombakan Touring dengan jarak tempuh 56 kilometer (Km) Ratusan pembalap nasional dan internasional mengikuti event yang digelar dua hari, Sabtu (17/9/2022) dan Minggu (18/9/2022).

Ketua Panitia Tour of Kemala Belitong 2022, Winny Agung Budi Maryoto mengatakan, penilaian terhadap para pemenang mengikuti standar internasional dan sudah didaftarkan ke UCI (Union Cycliste Internasionale). Agar para atlet yang mengikuti dapat mendapatkan poin.

“Tak hanya balap sepeda untuk mencari bibit-bibit atlet nasional yang ditampilkan di ajang akbar ini, tetapi juga menjadi ajang untuk mempromosikan keindahan alam Indonesia,” katanya.

Selain itu, lanjut dia, sekaligus untuk membangkitkan aktivitas perekonomian pelaku UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) lokal. Puluhan pelaku UMKM, menurut dia, hadir dengan membuka stand dengan memasarkan produk-produk lokal.

“Kami berkolaborasi dengan masyarakat setempat untuk meningkatkan perekonomian lokal. Jadi, acara ini bisa membangkitkan perekonomian pascapandemi,” ungkap Winny.

Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Ikatan Sepada Sport Indonesia (PB ISSI) Parama Nugroho mengatakan, Tour of Kemala, bertujuan untuk meningkatkan kecintaan pada olahraga sepeda. Selain itu untuk mencari bibit unggul atlet sepeda nasional melalui kategori race.

“Ini adalah wadah untuk mengukur atlet dengan baik, untuk sampai finish benar-benar perjuangan bagi atlet. Bisa dikatakan ini semacam try out bagi para atlet sebelum masuk kejuaraan balap sepeda nasional,” ujarnya.

Pada kategori Bicycle Race 125 Km, untuk kategori Men Elite usia 19 tahun ke atas dimenangkan oleh Angga Dwi Wahyu Prahesta dengan waktu tempuh 2 jam 58 menit untuk jarak 125 Km disusul Berley Octavian Nugroho dengan selisih waktu tipis dengan Angga. (nas)

Exit mobile version