Shin Tae-yong Sengaja Cadangkan Marselino saat Lawan Vietnam, Ini Alasannya

Marselino-Ferdinan.

Gelandang Timnas Indonesia U-20 Marselino Ferdinan. Foto: Instagram/@marselinoferdinan10

INDOPOS.CO.ID – Pelatih Timnas Indonesia U-19 Shin Tae-yong mengemukakan, keputusan kembali menyimpan Marselino Ferdinan tampil di babak saat Indonesia U-19 berlaga pada Kualifikasi Piala Asia U-20 2023.

Lantaran ingin menyiapkan strategi kejutan untuk Vietnam.

Shin baru memainkan bintang Persebaya itu di awal babak kedua. Marselino mampu memecahkan kebuntuan pada menit ke-60. Ia melepaskan tembakan keras dari luar kotak penalti tidak bisa dijangkau kiper Vietnam.

Sementara saat lawan Hong Kong, Marselino main dari bangku cadangan dengan mencetak dua gol. Masuknya pemain kelahiran Jakarta iti langsung menambah daya gedor dari permainan Garuda Nusantara.

Menurut Shin, Marselino memang tidak dalam kondisi terbaik selama babak Kualifikasi Piala AFC U-20 2023. Di laga sebelumnya melawan Hong Kong, hanya bermain sejak menit ke-80.

“Sebelum bergabung dengan tim nasional, dia belum pulih total dan sebelumnya selalu bermain di kompetisi. Karena itu, saya memainkan dia di 45 menit kedua dalam pertandinga,” kata Shin usai pertandingan melawan Vietnam, Minggu (18/9/2022) malam.

Tim besutan pelatih asal Korea Selatan itu memastikan lolos ke Piala Asia U-20 di Uzbekistan 1-18 Maret 2023. Pada laga terakhir Grup F di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Surabaya, tim U-20 Indonesia menang 3-2 atas Vietnam. Garuda Muda meraih sembilan poin dari tiga kali main dan tidak pernah kalah.

STY sapaan karibnya Shin juga meloloskan timnas senior lolos ke final Piala Asia pada 16 Juni-16 Juli 2023. Termasuk skuad U-16 yang dilatih Bima Sakti juga menjadi juara Piala AFF U-16. (dan)

Exit mobile version