Ranking FIFA Indonesia Jauh di Bawah Curacao, Pengamat: Secara Pertandingan Tak Tertinggal

pssi

Timnas Indonesia melakukan latihan jelang menghadapi Timnas Curacao di Bandung. Skuad Garuda melakukan sesi latihan di Stadion Sidolig, Jalan Ahmad Yani, Bandung, Selasa (20/9/2022). Foto: Dok PSSI

INDOPOS.CO.ID – Tim Nasional (Timnas) Indonesia akan menghadapi, Curacao pada uji coba dalam FIFA Matchday di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Sabtu (24/9/2022).

Mereka menempati peringkat ke-84 World FIFA Ranking. Hampir dua kali lipat di atas posisi Indonesia yaitu, 155.

Pengamat dan komentator sepakbola Binder Singh berpandangan, peringkat FIFA tidak melulu menjadi tolak ukur. Timnas Indonesia diyakini dapat tampil baik dam mampu memberikan perlawanan.

“Memang dari peringkat (FIFA) Indonesia jauh di bawah Curacao, tapi bukan berarti secara pertandingan Indonesia tertinggal,” kata Binder dalam akun YouTube miliknya dilihat, Sabtu (24/9/2022).

Skuad Merah Putih telah banyak menunjukan kemajuan dan perkembangan signifikan secara kualitas permainan. Perubahan tersebut terjadi di bawah pelatih Shin Tae-yong.

Termasuk tidak lepas dari modal utama pemain timnas selain skill individu mau pun intelejensia, yakni kebugaran, stamina dan faktor fisik amat sangat mempengaruhi permainan di lapangan.

“Kalau saya melihat sejak timnas Indonesia dilatih oleh coach Shin Tae-yong maka sudah ada perubahan signifikan. Pertama, dari segi fisik dan juga stamina para pemain,” ujar Bung Binder disapanya.

Jika diperhatikan dari satu pertandingan ke pertandingan lainnya penampilannya makin meningkat. Kemampuan para pemain bermain mengandalkan power sepanjang 90 menit.

“Mengandalkan power itu bermain secara energik. Artinya tidak mudah lelah, fokus dan konsentrasi itu bukan lagi 100 persen, tapi 1.000 persen,” nilainya.

Laga FIFA Matchday bakal digelar dua kali pada hari ini dan 27 September. Pertandingan pertama akan digelar di Stadion Si Jalak Harupat, Bandung mulai pukul 19.30 WIB. (dan)

Exit mobile version