Angkat Wibawa Santri, Juara Liga Santri 2022 Diprioritaskan Masuk TNI

santri

Jabar I (Ponpes Salafiyah Al Falah) menjuari Liga Santri 2022. Foto: Instagram/@kemenpora

INDOPOS.CO.ID – Kejuaraan Liga Santri Piala Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) resmi berakhir pada, Sabtu (23/10/2022). Jabar I (Ponpes Salafiyah Al Falah) keluar sebagai juara. Mereka bakal diutamakan diterima sebagai anggota TNI jika mendaftar.

Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi Partai Amanat Nasional (FPAN), Saleh Partaonan Daulay mendukung langkah Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman terhadap juara Piala Kasad Liga Santri 2022.

“Itu program yang sangat baik yang perlu didukung. Karena dengan begitu ada afirmasi kepada para santri untuk menjadi anggota TNI,” kata Saleh saat dihubungi wartawan, Jakarta, Selasa (25/10/2022).

Menurut Saleh, rencana tersebut bisa mengangkat wibawa dan posisi strategis para santri. Nantinya, bisa dicontoh oleh kesatuan lain.

“Jadi kita berharap bisa dilanjutkan dengan baik di semua kesatuan yang ada, tidak hanya di kesatuan Angkatan Darat, tapi juga di Angkatan Laut dan Angkatan Udara. Bahkan itu bisa dicontoh kepolisian,” ucap Saleh.

Ia menambahkan bahwa afirmasi yang akan dilakukan Dudung kepada santri perlu diberlakukan dalam pola rekruitmen di kalangan perwira. Hal itu dianggap penting untuk pemerataan.

“Afirmasi seperti ini tidak hanya di prajurit, kalau mau serius untuk afirmasi seperti ini ada pemerataan, ada prajurit yang direkrut dari santri ini,” tutur Saleh.

“Ada perwira menengah dan tentu yang paling utama untuk merekrut posisi di perwira tinggi, katakanlah di akmil (akademi militer),” tambahnya.

Liga Santri Piala KASAD 2022 ditutup dengan laga final mempertemukan Jabar I (Ponpes Salafiyah Al Falah) dan Jatim III (Ponpes Darul Huda Mayak). Jabar 1 sukses membawa pulang gelar juara Liga Santri Piala Kasad 2022 seusai menumbangkan Jatim III dengan skor 5-3 via adu penalti. (dan)

Exit mobile version