Aston Villa Tunjuk Bos Villarreal Unai Emery sebagai Pelatih Baru

Unai Emery

Unai Emery. (skysports.com)

INDOPOS.CO.ID – Unai Emery yang sempat menjabat sebagai manajer Arsenal dari 2018 hingga 2019 kini menggantikan Steven Gerrard yang dipecat pekan lalu.

Pelatih berusia 50 tahun itu akan memulai peran barunya sebagai pelatih Aston Villa pada 1 November setelah formalitas izin kerjanya selesai. Pertandingan pertamanya sebagai pelatih akan digelar di kandang melawan Manchester United pada Minggu, 6 November mendatang.

Ia akan mengadakan konferensi pers perpisahan dengan Villarreal pada hari Selasa (25/10/2022). Dia bergabung dengan Villarreal pada musim panas 2020 dan membawa mereka meraih kemenangan di Liga Europa .

Emery terus tampil mengesankan di musim keduanya, membawa Villarreal ke semifinal Liga Champions untuk kedua kalinya dalam sejarah mereka.

Emery sebelumnya di Liga Premier berakhir tiga tahun lalu ketika dia dipecat oleh Arsenal. Dia menolak kembali ke Inggris tahun lalu ketika dia didekati oleh Newcastle.

Sebelum pindah ke Liga Premier, Emery memenangkan gelar Ligue 1 bersama Paris Saint-Germain, serta dua Piala Prancis dan dua Piala Liga Prancis. Dia juga memenangkan tiga Liga Europa bersama Sevilla, dikombinasikan dengan gelar keempat yang dia menangkan bersama Villarreal, menjadikannya manajer tersukses dalam sejarah kompetisi tersebut.

Keluarnya Gerrard terjadi 11 bulan setelah ia pindah ke Villa Park dari Rangers, di mana ia memimpin tim tersebut meraih gelar liga Skotlandia pertama mereka dalam 10 tahun.

Tetapi mantan kapten Inggris itu tidak dapat mengulangi kesuksesan itu. Gerrard hanya memenangkan 13 dari 40 pertandingannya sebagai pelatih sebelum dipecat setelah Villa kalah 3-0 di Fulham pekan lalu. (dam)

Exit mobile version