Pemain Diminta Fokus Piala Dunia 2022 Ketimbang Menyikapi Masalah di Qatar

Liverpool-Coach

Pelatih Liverpool, Juergen Klopp. Foto: Instagram/@jk.lfc

INDOPOS.CO.ID – Pelatih Liverpool, Juergen Klopp menyarankan, para pesepak bola fokus menghadapi laga Piala Dunia 2022. Mereka tidak boleh terjebak di tengah dugaan masalah kemanusiaan yang terjadi di Qatar.

Ada seruan sebagian pihak agar para pemain mengambil sikap tentang catatan hak asasi manusia yakni, dugaan perlakuan buruk terhadap pekerja migran dan larangan hukum hubungan sesama jenis.

Klopp mengatakan, para pemain tidak harus menjawab pertanyaan tentang kelayakan Qatar untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia. Diketahui Qatar dianggap bertanggung jawab atas banyaknya kematian pekerja untuk membangun venue Piala Dunia 2022.

FIFA telah mengirim surat kepada semua negara yang bersaing di turnamen olahraga paling populer itu dan meminta mereka untuk fokus pada sepak bola. Jangan menyatakan sikap tentang moralitas. Mengingat itu menjadi tanggung jawab otoritas setempat.

“Kami harus mengaturnya. Pemain pergi ke sana dan bermain dan melakukan yang terbaik untuk negara mereka, itu tidak ada hubungannya dengan keadaan,” kata Klopp seperti dilansir dari Sky Sports, Sabtu (5/11/2022).

Pelatih asal Jerman itu mengaku, tidak akan pergi untuk menonton langsung Piala Dunia 2022. Menurutnya, masalah yang diangkat sekarang seharusnya diangkat ketika Qatar dianugerahi Piala Dunia yakni tahun 2010 silam.

“Saya sudah melihat di berita, ‘Bagaimana kabarnya di sini?’, Dan hal semacam ini dan itu semua tidak baik untuk para pemain,” nilai Klopp

“Ini adalah turnamen, itu ada di sana, dan kita semua membiarkannya terjadi dan tidak apa-apa karena 12 tahun yang lalu tidak ada yang melakukan apa-apa kita tidak bisa mengubahnya sekarang, pergi ke sana,” tambahnya.

Klopp telah vokal dalam penentangan untuk menjadi tuan rumah Piala Dunia di Qatar di tengah musim domestik. Dunia sepak bola, khususnya media, tidak cukup mengkritik penghargaan tawaran tuan rumah terhadap Qatar tahun 2010.

“Sekali lagi, saya melihatnya dari sudut pandang sepakbola dan saya tidak suka para pemain, dari waktu ke waktu, berada dalam situasi di mana mereka harus mengirim pesan,” imbuh Klopp.

Exit mobile version