Tim-tim Piala Dunia 2022 Kurang Persiapan, Inggris Andalkan Pemain Terbaiknya

Trofi-Piala-Dunia

Ilustrasi trofi Piala Dunia. ( Dok Sky Sports)

INDOPOS.CO.ID – Perhelatan Piala Dunia 2022 menjadi edisi berbeda. Sebab, dihelat pada akhir tahun atau jeda musim dingin. Terlebih para pemain seakan kurang persiapan. Namun, performa tim tidak terganggu.

Pengamat sepak bola Dwi Widijatmiko berpandangan, gelaran Piala Dunia 2022 di Qatar tak akan mengurangi kualitas kompetisi sepak bola terakbar itu pada tahun sebelumnya. Di sisi lain, ia mengakui, para pemain yang berlaga kurang istirahat.

“Jelas ada perbedaan, karena nggak biasa. Nggak normal Piala Dunia kali ini. biasanya kita melihat Piala Dunia bulan Juni-Juli musim panas. Sekarang bulan November-Desember pasti akan ada bedanya,” kata Dwi dalam kanal YouTube Weshley Hutagalung dilihat, Jumat (18/11/2022).

Gelaran Piala Dunia biasanya dilaksanakan pada pertengahan tahun atau Juni-Juli. Sementara kompetisi domestik berakhir Mei, artinya para pemain punya lebih banyak waktu untuk beristirahat.

Namun, Piala Dunia 2022 tak digelar saat kompetisi di Eropa sudah berakhir. “Tadi bilang tidak ada persiapan lama buat tim-tim. Itu benar. Kita lihat kompetisi domestik baru berakhir pekan kemarin. Artinya cuma seminggu waktu (persiapan),” ucap Dwi.

Dari sederet tim yang tampil di Piala Dunia 2022, ia mencontoh tim Inggris bahwa skuat mereka tidak perlu uji coba menghadapi kompetisi sepak bola paling bergengsi itu. Mengandalkan para pemain yang tampil konsisten di liga domestik.

“Sebut saja tim unggulan juara Inggris, nggak pakai uji coba lagi mereka. Andelin kondisi pemain yang sudah “ngecun” di tiga bulan pertama,” jelas Dwi.

“Mungkin untungnya di situ. Karena Piala Dunia yang dimulai bulan November justru pemain-pemain dalam (penampilan-red) naik,” tambahnya.

Piala Dunia 2022 akan dimulai pada Minggu (20/11/2022) di Stadion Al Bayt. Dengan laga pembuka mempertemukan sang tuan rumah, Qatar menghadapi Ekuador pukul 23.00 WIB.

Sementara itu, final akan berlangsung di Stadion Lusail, Doha, pada Senin (18/12/2022) pukul 22.00 WIB. Piala Dunia 2022 menjadi edisi yang berbeda dari sebelumnya. Sebab, pelaksanaannya yang dilakukan pada akhir tahun.(dan)

Exit mobile version