Juara Bertahan Prancis Hajar Australia 4-1 di Stadion Al Janoub

Juara Bertahan Prancis Hajar Australia 4-1 di Stadion Al Janoub - prancis - www.indopos.co.id

Pemain Prancis Olivier Giroud bersama teman-temannya merayakan gol melawan Australia. Foto: skysports.com

INDOPOS.CO.ID – Juara bertahan Prancis menghajar Australia dengan skor 4-1 dalam duel Grup D Piala Dunia 2022 di Stadion Al Janoub, Rabu (23/11/2022) dini hari WIB.

Pada hari terjadinya kejutan terbesar dalam sejarah Piala Dunia, tim asuhan Didier Deschamps mengambil risiko melakukan hal yang sama seperti yang dilakukan Argentina melawan Arab Saudi ketika Craig Goodwin membuat Australia unggul lebih awal dalam 10 menit pertama pertandingan.

Meski Prancis menang besar, tapi pertandingan tidak berjalan mulus. Australia sempat membuat kejutan dengan mencetak gol pembuka melalui Craig Goodwin di menit ke-9.

Ketinggalan satu gol mendorong Prancis untuk meningkatkan tempo serangan dan balas mencetak empat gol lewat aksi Andrien Rabiot pada menit ke-27, Olivier Giroud menit ke-32 dan ke-71, dan Kylian Mbappe menit ke-68.

Kemenangan ini mengantar Prancis ke puncak klasemen sementara Grup D Piala Dunia 2022 dengan 3 poin di laga pertama.

Pertandingan dimulai dengan gebrakan Prancis. Sang juara bertahan tampak sangat percaya diri. Serangan-serangan Prancis lebih sering dialirkan melalui kedua sisi sayap.

Australia bermain menunggu, tapi justru dengan cara itu mereka bisa mencetak gol pembuka. Menit ke-9, skema serangan balik, umpan lambung ke sisi kanan disambut Leckie, dilanjutkan dengan umpan silang untuk Goodwin. G Sepakan keras tak kuasa dibendung Lloris.

Gol pembuka Australia jelas mengejutkan Prancis. Mereka lebih dominan dan lebih aktif menyerang, tapi justru kebobolan terlebih dahulu. Prancis meningkatkan tempo serangan dan terus mengurung Australia.

Menit ke-27, upaya Prancis akhirnya membuahkan hasil. Umpan lambung Theo Hernandez mengecoh barisan bek Australia. Bola disambar Rabiot tanpa gangguan.

Menit ke-32, Prancis berbalik unggul. Kali ini Rabiot yang membuat assist. Serangan dari sisi kiri, umpan tarik Rabiot dituntaskan Giroud dengan mudah.

Tidak ada gol tambahan di sisa babak pertama. Skor 2-1 mengantar para pemain turun ke ruang ganti.

Memasuki babak kedua, pertandingan dilanjutkan kembali dan Prancis masih menunjukkan determinasi yang sama. Gempuran Prancis langsung mengurung Australia.

Hingga menit ke-60, Prancis mendominasi 70% penguasaan bola. Australia dipaksa terus mengejar bola dan menunggu kesempatan serangan balik.

Menit ke-68, Prancis mencetak gol pemungkas. Skema serangan balik, bola sempat terlempar dari kotak penalti. Dembele di sisi kanan mengirim kembali bola ke tengah untuk disambut sundulan Mbappe.

Menit ke-71, Prancis kembali menjebol gawang Australia. Kali ini umpan silang Mbappe dari sisi kiri ditanduk Giroud ke sudut bawah gawang lawan.

Pelatih Prancis Didier Deschamps mengatakan kebobolan satu gol di saat awal pertandingan seharusnya bisa dihindari.

“Kami memulai pertandingan dengan baik di menit-menit pertama, kami tampil bagus dan terhubung dengan baik. Kami kebobolan gol yang seharusnya kami hindari. Di babak kedua kami menunjukkan kepercayaan diri yang jauh lebih besar dan memaksa Australia ke belakang dan kemudian kami menciptakan banyak peluang dan empat gol, itu bagus,” kata Deschamps seperti dikutip Sky Sports, Rabu (23/11/2022).

“Ini adalah awal yang baik untuk turnamen. Laga pembuka selalu vital dan penting. Saya ingin mengucapkan selamat kepada tim dan para pemain. Kami telah melihat beberapa pertandingan sebelumnya di mana tim tidak dapat merespons, tetapi kami melakukannya meskipun kami tertinggal,” ungkapnya.

Sementara itu Pelatih Australia Graham Arnold mengatakan kualitas Timnas Prancis yang bagus yang membuat Australia kalah.

“Saya pikir pada akhirnya, kualitas tim Prancis adalah alasan kemenangan. Mereka adalah juara sebelumnya karena suatu alasan. Kami memulai dengan sangat baik. Secara fisik mereka sangat hebat lebih besar, lebih cepat dan lebih kuat dari kami hari ini. Secara keseluruhan, para pemain melakukan semua yang mereka bisa dan hanya itu yang bisa saya minta,” ujarnya.

“Kami telah membangun kepercayaan dan energi serta fokus pada minggu terakhir sejak kami berada di kamp. Cara kami memulai, kami percaya. Itulah yang kami latih, jenis tujuan itu. Tapi kami dihukum oleh kesalahan kami. Umpan silang mereka tepat sasaran. Permainan itu hilang. Bagus bahwa hasil lainnya seri. Sekarang tentang kemenangan pada hari Sabtu. Kami harus bersiap untuk itu,” tutupnya. (dam)

Exit mobile version