Argentina Juara Dunia, Pengamat: Terbaik dalam Sejarah

Pemenang-PD-2022-Qatar

Tim nasional Argentina jadi juara Piala Dunia 2022 di Qatar. Foto: Twitter/@FIFAWorldCup

INDOPOS.CO.ID – Tim nasional (timnas) Argentina sukses menjadi juara dunia, setelah menaklukan timnas Prancis lewat adu penalti dengan skor 4-2. Kedua tim bermain imbang 3-3 selama 120 menit dalam partai final Piala Dunia 2022 di Lusail Stadium, Minggu (18/12/2022) malam WIB.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan alias Bung Ropan menyatakan, tensi permainan antara La Albiceleste dan Les Bleus alias Si Biru sangat tinggi sejak awal laga. Terbukti saling balas gol hingga penghujung laga sebelum adu penalti.

“Bertarung sungguh ketat dan berakhir dramatis lewat adu penalti. Ini pertandingan yang mencekam dan mendebarkan,” kata Bung Ropan dalam kanal YouTube miliknya, Senin (19/12/2022).

Jurnalis olahraga senior itu menilai, laga final timnas Argentina kontra Prancis merupakan paling terbaik dari sejarah sepak bola. Diketahui ia telah meliput empat kali perhalatan Piala Dunia, dari fase grup hingga partai final.

“Ini lah Piala Dunia luar biasa, ini the best, terbaik mungkin dalam sejarah yang berlangsung,” ucap Bung Ropan.

Sebab, pemenang laga tersebut harus ditentukan melalui drama adu penalti. Meski Argentina sempat unggul lebih dulu 2-0 hingga turun minum. Namun, daya juang mereka tidak mengendur hingga akhir laga.

“Kenapa? karena tidak bisa dibayangkan sama sekali bahwa pertandingan ini harus melalui adu penalti dan menentukan salah satu pemenang. Akhirnya Argentina menjadi juara dunia,” tuturnya.

Adapun gol Argentina dibukukan Lionel Messi (23′-penalti) dan menit ke-108 dan Angel Di Maria (36′). Sementara dua gol Prancis dicetak beruntun oleh Kylian Mbappe pada menit ke-80 (penalti) dan 81′. Serta kembali dicetak lewat titik putih lagi (118′).

Babak adu penalti dimenangi Argentina dengan skor 4-2. Empat penendang Argentina adalah Lionel Messi, Paulo Dybala, Leandro Paredes, dan Gonzalo Montiel.

Eksekutor tendangan penalti timnas Prancis hanya mampu menciptakan dua gol. Dari Kylian Mbappe dan Randal Kolo Muani. Sedangkan penendang Perancis yang gagal, yakni Kingsley Coman dan Aurelien Tchouameni.(dan)

Exit mobile version