Suporter Argentina Rayakan Kemenangan Sepanjang Malam di Qatar dan Buenos Aires

Perayaan-Kemenangan

Para pemain Argentina menaiki sebuah bus dengan atap terbuka melintasi jalan-jalan di luar Stadion Lusail, di Qatar untuk merayakan kemenangan Piala Dunia. Foto: news.sky.com

INDOPOS.CO.ID – Ratusan ribu penggemar dan suporter Argentina merayakan sepanjang malam setelah tim mereka memenangkan Piala Dunia 2022 di Qatar. Final kali ini disebut oleh beberapa komentator sebagai salah satu permainan terbaik dalam sejarah Piala Dunia.

Suporter yang telah melakukan perjalanan ke Timur Tengah bersorak saat para pemain Argentina menaiki sebuah bus dengan atap terbuka melewati jalan-jalan di luar Stadion Lusail, Minggu (18/12/2022) malam.

Di Ibu Kota Argentina, Buenos Aires, ratusan ribu orang merayakan kejuaraan dunia pertama tim mereka sejak 1986.

Itu adalah momen kegembiraan yang langka bagi negara yang berjuang dengan inflasi tinggi dan krisis ekonomi yang telah mendorong sekitar 40 persen populasinya ke dalam kondisi kemiskinan.

“Kami bisa memenangkannya dengan nyaman, tetapi kami terpaksa menderita, seperti biasanya. Tapi penderitaan membuat kemenangan menjadi lebih menyenangkan,” kata salah seorang penggemar Argentina Rogelio Vazquez, seperti dikutip Sky News, Senin (19/12/2022).

“Tim ini membuat orang jatuh cinta pada mereka untuk pertama kalinya dalam beberapa dekade,” ujar penggemar lainnya Diego Aburgeily.

Bintang dalam pertandingan itu adalah Kapten Argentina Lionel Messi, yang mencetak dua gol di Stadion Lusail, dan dinobatkan sebagai pemain terbaik turnamen tersebut.

Messi, yang saat ini berusia 35 tahun menepis desas-desus bahwa dia mungkin akan pensiun dari olahraga tersebut.

“Saya ingin terus mengalami beberapa pertandingan lagi sebagai juara dunia. Saya tahu Tuhan akan memberikan hadiah ini kepada saya, saya merasa Piala Dunia ini adalah satu-satunya. Butuh waktu lama, tapi ini dia. Kami sangat menderita, tapi kami berhasil melakukannya. Tidak sabar berada di Argentina untuk menyaksikan kegilaan ini,” kata Messi kepada TV Argentina.

Messi memang bukan pencetak gol terbanyak turnamen. Kehormatan itu menjadi milik penyerang Paris Saint-Germain Kylian Mbappe, yang mencetak delapan gol, termasuk hat-trick di final, membuatnya memenangkan penghargaan Sepatu Emas.

Penggemar Argentina di Buenos Aires merayakan kemenangan Piala Dunia 2022. Foto: news.sky.com

Setelah pertandingan, beberapa komentator olahraga Inggris mengatakan final tersebut akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pertandingan sepak bola terhebat yang pernah ada.

“Salah satu pertandingan terbaik sepanjang masa!” tulis Jamie Carragher di Twitter.

“Kami terengah-engah di sini. Itu final yang luar biasa. Senang berada di sini, senang berada di sini. Saya belum pernah melihat yang seperti ini dan saya rasa, saya tidak akan pernah melihat yang seperti ini lagi. Itu mengejutkan,” kata komentator lainnya Alan Shearer.

“Merupakan hak istimewa mutlak untuk menonton Lionel Messi selama hampir dua dekade. Momen demi momen sepak bola yang memukau dan penuh kegembiraan. Dia adalah hadiah dari dewa sepak bola,” tutur Gary Lineker.

“Messi harus menjadi pusat perhatian dan rasanya benar bahwa dia telah memenangkan Piala Dunia. Rasanya seperti takdir ada untuknya dan dia memberikan kontribusi yang sangat besar selama turnamen ini,” ungkap Gary Neville.

Untuk para penggemar Prancis, ada kekecewaan, dan Presiden Emmanuel Macron menyampaikan selamat kepada tim Prancis atas karier dan daya juangnya di Piala Dunia ini.

“Anda telah menggetarkan bangsa dan pendukung di seluruh dunia. Selamat kepada Argentina atas kemenangan mereka,” kata Macron.

Final Piala Dunia berikutnya akan diadakan di Amerika Serikat, Meksiko, dan Kanada.(dam)

Exit mobile version