Piala AFF 2022, Lini Tengah Timnas Indonesia Miliki Chemistry Kuat

timaff

Tim nasional Indonesia menjalani sesi latihan menjelang Piala AFF 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno. Foto: Instagram/@pssi

INDOPOS.CO.ID – Pelatih tim nasional (Timnas) Indonesia, Shin Tae-yong telah menetapkan 23 nama pemain untuk berlaga dalam Piala AFF 2022. Skuat Merah Putih dipastikan telah siap menghadapi kejuaraan sepak bola bergengsi di Asia Tenggara itu.

Timnas Indonesia telah menyiapkan diri dengan menuntaskan pemusatan latihan di Bali selama tiga pekan. Mereka berlatih di lapangan Bali United Training Center kawasan Pantai Purnama dan Stadion I Wayan Dipta, Gianyar.

Adapun daftar 23 Pemain Timnas Indonesia untuk Piala AFF 2022, di antaranya Nadeo Argawinata – Bali United, Muhammad Riyandi – Persis Solo, Syahrul Fadillah – Persikabo 1973 Rizky Ridho – Persebaya Surabaya, Pratama Arhan – Tokyo Verdy, Jordi Amat – Johor Darul Takzim.

Asnawi Mangkualam – Ansan Greeners Fachruddin Aryanto – Madura United, Edo Febriansyah – Rans Nusantara FC, Hansamu Yama – Persija, Rachmat Irianto – Persib Bandung, Marselino Ferdinan – Persebaya Surabaya, Ricky Kambuaya – Persib Bandung.

Syahrian Abimanyu – Persija Jakarta, Yakob Sayuri – PSM Makassar, Marc Klok – Persib Bandung, Witan Sulaeman – AS Trencin, Saddil Ramdani – Sabah FC, Egy Maulana Vikri – Vion Zlaté Moravce, Muhammad Rafli – Arema FC, Ilija Spasojevic – Bali United, Ramadhan Sananta – PSM Makassar dan Dendy Sulistyawan – Bhayangkara FC.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan alias Bung Ropan mengatakan, timnas Indonesia memiliki kedalaman skuat yang bagus. Terutama lini tengah, dinilainya telah solid karena baiknya chemistry di antara para pemain berasal dari Persib Bandung.

“Di gelandang Marc Klok, Rachmat Irianto. Ini ada yang menarik ada tiga pemain Persib Bandung yang ada di posisi tengah. Pasti akan dilakukan atau dimainkan oleh STY,” kata Bung Ropan dalam akun YouTube miliknya dilihat, Rabu (21/12/2022).

“Selain Rahmat Irianto tentunya Marc Klok dan Ricky Kambuaya (Persib Bandung). Itu lah tiga pemain bagus, mereka sudah mendapatlan kemistri yang sudah kadena ketiganya dari klub sama,” tambahnya.

Menurutnya, peran pemain berada di lini tengah sangat krusial dalam suatu pertandingan sepak bola. Mengingat lini serang yang ganas tentunya tak lepas dari kukuhnya lini tengah.

“(Pemain itu) bermain diandalkan di lini paling krusial, karena kemenangan itu selalu ditentukan sekuat mana, setangguh apa lergerakan dari lini tengah untuk mendistribusikan bola ke depan, ketika diserang mereka akan cepat turun ke belakang,” ujar Ropan.

Piala AFF 2022 digelar mulai 20 Desember 2022 hingga 16 Januari 2023 mendatang. Pada ajang tersebut, Indonesia berada di Grup A bersama Kamboja, Brunei Darussalam, Thailand, dan Filipina. (dan)

Exit mobile version