Indonesia vs Vietnam, 200 Polisi Berpakaian Preman Disebar di Tengah Penonton

Indonesia vs Vietnam, 200 Polisi Berpakaian Preman Disebar di Tengah Penonton - polisi periksa - www.indopos.co.id

Petugas keamanan melakukan pemeriksaan keamanan terhadap penonton di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta. Foto: Dokumen Instagram PSSI

INDOPOS.CO.ID – Ribuan personel aparat gabungan mengamankan laga timnas Indonesia kontra timnas Vietnam, pada semifinal leg pertama Piala AFF 2022 di area Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Jumat (5/1/2023). Termasuk ratusan personel polisi berpakaian preman turut dikerahkan.

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat (Humas) Kepolisian Daerah (Polda) Metro Jaya Komisaris Besar (Kombes) Endra Zulpan mengungkap, personel gabungan tersebut terdiri dari 3.281 anggota Polri, 212 personel TNI, dan 131 personel dari pemerintah daerah. Total ada 3.624 personel.

“Ada juga (aparat) yang berpakaian preman anggota kita. Jumlahnya 200 (personel) totalnya,” kata Zulpan dalam ketetangannya, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Ia mengatakan, anggota polisi berpakaian preman itu bertugas untuk mengamankan situasi di stadion, seperti ketika ada suporter memicu keributan.

“Kita lihat kalau ada penonton yang mabuk, kemudian yang berantem, anggota tidak berseragam yang preman itu nanti mengamankan agar tidak terjadi keributan,” tutur Zulpan.

Selain itu, setiap sudut di area stadion bakal terpantau langsung lewat CCTV. Diketahui ada 220 CCTV terpasang yang bisa melihat di dalam area stadion kebanggaan bangsa Indonesia itu.

“Seperti kemarin kita lihat, kita kan juga punya layar monitor, CCTV yang dari pengelola GBK. Setiap sektor itu kan termonitor CCTV,” ujar Zulpan.

Ia menambahkan, ribuan aparat gabungan itu akan berjaga di luar stadion GBK. Untuk di bagian dalam stadion akan dijaga oleh 500 steward.

“Mendasari aturan FIFA, maka untuk pengamanan di dalam stadion (seputar lapangan) akan ada steward,” imbuhnya. (dan)

Exit mobile version