Timnas Indonesia Bakal Bertandang ke Hanoi, Pengamat: Kita Jangan Gentar

bola

Pertandingan tim nasional Indonesia vs Vietnam pada leg pertama semfinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023). Foto: Dokumen PSSI

INDOPOS.CO.ID – Tim nasional Indonesia bakal melakoni laga leg kedua Piala AFF 2022 melawan timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi pada Senin (9/1/2023). Bermain tandang membuat tim Garuda harus lebih bekerja keras.

Tim asuhan Shin Tae-yong hanya bisa bermain 0-0 dengan Vietnam pada leg pertama babak semifinal Piala AFF 2022 di Stadion Gelora Utama Bung Karno, Jakarta, Jumat (6/1/2023).

Hasil laga tersebut, Indonesia harus menang atau minimal seri 1-1 pada pertandingan kedua untuk memastikan tiket ke final. Dengan menantang pemenang antara timnas Thailand dan timnas Malaysia.

Pengamat sepak bola Ronny Pangemanan alias Bung Ropan mengatakan, timnas Vietnam akan bermain di kandang dengan karakter yang berbeda. Sepanjang kompetisi ini gawang Vietnam belum pernah kebobolan.

“Bagi pelatih (Vietnam) Park Hangseo hasil tidak kalah tentunya bagus, karena mereka akan menerima kita. Formasi mereka pasti akan berubah, mereka akan bermain lebih terbuka karena mereka pingin menang,” kata Bung Ropan dalam kanal YouTube-nya dilihat, Sabtu (7/1/2023).

Sementara hasil imbang yang didapat timnas Indonesia tak perlu disesali, hanya saja penyelesaian akhir kembali menjadi catatan minor. Maka para pemain harus lebih tajam di lini depan.

“Kita tidak kalah perlu untuk disyukuri, kita tidak kalah walaupun kesempatan menang itu ada,” ucap Bung Ropan.

Ia menyadari, timnas Indonesia bakal menjalani laga cukup berat bermain tandang melawan Vietnam. Namun, peluang menang tetap masih terbuka.

“Jadi kita masih punya kesempatan untuk bisa menang, walaupun harus lewat perjuangan berat. Tapi apa pun itu bisa terjadi. Kita masih punya peluang,” ujarnya.

Ketika Indonesia menjamu timnas Vietnam kemarin, nampak permainan tuan lebih bagus ketimbang tim Golden Star julukan tim lawan. Karenanya harus punya mental cukup baik.

“Vietnam ketar-ketir menghadapi timnas Indonesia. Tinggal penyelesaian akhir, kita harus punya mental yang kuat untuk melakukan pertandingan tandang nanti. Kita jangan gentar hadapi mereka,” imbuhnya.

Pada leg kedua giliran timnas Indonesia yang bertandang ke markas timnas Vietnam di Stadion My Dinh, Hanoi, Senin (9/10/2023). (dan)

Exit mobile version