Gagal Bawa Indonesia ke Final, Shin Tae-yong Minta Maaf

STY

Pelatih timnas Indonesia Shin Tae-yong memberikan keterangan pada laga Piala AFF 2022. (Instagram/@shintaeyong7777)

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia harus menelan pil pahit, setelah takluk lawan timnas Vietnam pada leg kedua Piala AFF 2022 di Stadion Nasional My Dinh, Hanoi, Senin (9/1/2023). Dengan skor akhir 2-0 tanpa balas, hasil laga itu membuat tim Garuda gagal melaju ke final.

Hal tersebut menjadi kegagalan kedua pelatih Shin Tae-yong di Piala AFF. Pada edisi sebelumnya, Piala AFF 2020 digelar tahun 2021, Indonesia hanya menjadi runner-up setelah kalah agregat 2-6 dari timnas Thailand.

Shin Tae-yong menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh pendukung timnas Indonesia, lantaran belum dapat memberikan gelar juara untuk timnas senior.

“Kami kalah dan saya ingin, meminta maaf kepada semua suporter Timnas Indonesia,” kata pelatih asal Korea Selatan itu dalam laman resmi PSSI, Selasa (10/1/2023).

Ia menilai, permainan tim tuan rumah cukup baik pada pertandingan leg kedua Piala AFF 2022. Bahkan selama kompetisi gawangnya belum pernah kebobolan.

“Saya pikir Vietnam bermain bagus hari ini. Saya mengucapkan selamat kepada mereka karena menang dan menjaga gawangnya tidak kebobolan,” ujar Shin Tae-yong.

Tim The Golden Star julukan timnas Vietnam melakukan gol cepat, saat laga baru berjalan 2.58 menit. Nguyen Tien Linh lolos dari kawalan dan mampu melesakkan bola ke gawang Indonesia setelah menerima umpan lambung.

Laga leg kedua, pelatih Shin Tae-yong hanya melakukan perubahan di lini tengah. Dengan memainkan Saddil Ramdani sebagai pengganti Rachmat Irianto untuk starter. Sementara di lini serang, Dendy Sulistyawan masih jadi andalan daya gedor.

Namun, taktik yang dipakai Indonesia nampaknya tak membuahkan hasil cukup signifikan. Bahkan minim melakukan tembakan, meski unggul penguasaan bola sebanyak 53 persen.

Timnas Vietnam menggandakan keunggulan pada menit ke-47, melalui sundulan Nguyen Tien Linh. Dua pemain belakang Indonesia Rizki Ridho dan Fachruddin Aryanto gagal berduel di udara.

Timnas Indonesia mengubah komposisi pemain usai tertinggal dua gol, Saddil Ramadani dan Asnawi Mangkualam ditarik keluar. Witan Sulaemen dan Ricky Kambuaya menggantikan mereka. Tak ada gol tercipta hingga peluit tanda berakhir pertandingan dibunyikan.

Timnas Vietnam unggul agregat 2-0 setelah laga 0-0 di leg pertama pada Jumat kemarin. Vietnam kini menunggu pemenang laga Thailand kontra Malaysia sebagai lawan di partai final Piala AFF 2022. (dan)

Exit mobile version