Buntut Kecelakaan MotoGP Portugal, Pembalap Marc Marquez Kena Penalti Double Long Lap

Buntut Kecelakaan MotoGP Portugal, Pembalap Marc Marquez Kena Penalti Double Long Lap - marquez - www.indopos.co.id

Pembalap Marc Marquez terlibat kecelakaan dengan Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan Miguel Oliveira (RNF MotoGP Team) pada ajang MotoGP di Portugal. Foto: motogp.com

INDOPOS.CO.ID – FIM MotoGP Stewards menjatuhkan penalti double long lap (lap panjang ganda) kepada pembalap Marc Marquez setelah kecelakaan pada balapan di Portugal, Minggu (26/3/2023).

Kecelakaan itu mengakibatkan pembalap Spanyol itu mengalami cedera tangan kanannya sehingga membutuhkan perawatan intensif di rumah sakit.

Dikutip dari motogp.com, penalti yang diperoleh Marc Marquez (Repsol Honda Team) akan diambilnya pada putaran berikutnya dari kalender MotoGP di Argentina, kalau dia pulih dari cederanya.

Pada saat terjadi kecelakaan, sang juara dunia delapan kali itu mencoba mengerem pada tahap awal balapan, namun kemudian menyenggol Jorge Martin (Prima Pramac Racing) dan menabrak Miguel Oliveira (CryptoDATA RNF MotoGP Team).

Akibat insiden itu Martin kehilangan beberapa posisi, sedangkan Marquez dan Oliveira sama-sama tersingkir dari balapan.

FIM MotoGP Stewards menjatuhkan sanks kepada Marquez karena dinilai sebagai pengendara yang tidak bertanggung jawab. Stewards mengatakan insiden tersebut melanggar Pasal 1.21.2 Regulasi FIM World Championship Grand Prix.

Setelah kejadian itu, kedua pengendara mendapat perawatan medis.

Pembalap Repsol Honda Marc Marquez menjalani pemeriksaan kemungkinan patah tulang metacarpal pertama di tangan kanannya.

Sedangkan Miguel Oliveira mengalami luka memar di kaki kanannya.

Marc Marquez mengakui kesalahannya, menabrak Miguel Oliveira di MotoGP Portugal. Ia siap menerima hukuman yang dijatuhkan Stewards.

“Kami mengerem begitu lambat. Tapi meski begitu, saya sebelumnya bisa mengontrolnya sepanjang akhir pekan dan Anda tak pernah mau jatuh dan saya tak ingin mengakhiri balapan seperti ini,” ujarnya.

“Tapi mungkin ban keras di depan belum siap atau bagaimana. Tapi kalau Anda melihat saya keluar dari tikungan satu dan dua, saya jauh dari mereka, bahkan tidak dekat dan tak berpikir untuk menyalip,” tambahnya.

“Ya Anda bisa menjelaskan banyak hal tapi pada akhirnya, memang kesalahan saya yang membuat pembalap lain crash. Jadi saya telah dihukum dan saya berhak mendapatkannya,” tutup Marquez. (dam)

Exit mobile version