David Jacob Meninggal, Ketum KOI: Indonesia Kehilangan Sosok Inspirasional

David Jacob Meninggal, Ketum KOI: Indonesia Kehilangan Sosok Inspirasional - david jacobs 2 - www.indopos.co.id

Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (National Olympic Committee/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari (kiri), saat menyaksikan atlet paralimpiade Indonesia David Jacob dalam sebuah kesempatan, beberapa waktu lalu. David Jacob meninggal dunia pada usia 45 tahun. Ia ditemukan tak sadarkan diri di pinggir rel kereta api jalur Stasiun Gambir - Stasiun Juanda pada km 4+700, Kamis (27/4/2023) malam. Foto: NOC Indonesia/Naif Al’As

INDOPOS.CO.ID – Ketua Umum (Ketum) Komite Olimpiade Indonesia (National Olympic Committee/NOC Indonesia) Raja Sapta Oktohari mengucapkan belangsungkawa yang mendalam atas meninggalnya atlet paralimpiade Indonesia David Jacob pada Jumat (28/4/2023). Okto, sapaan karib Raja Sapta, menyebut kepergian David Jacob menjadi duka bagi olahraga Indonesia.

“Saya mengucapkan duka cita mendalam atas kepergian David Jacob. Semoga keluarga yang ditinggalkan diberi ketabahan dan kekuatan. Saya pribadi kenal dan dekat dengan David Jacob. Ia memiliki semangat juang tinggi untuk memberikan prestasi terbaik bagi Merah Putih, dan ia tunjukkan di setiap multievent, terutama ketika ia bertanding di Asian Para Games Jakarta. Kami keluarga besar olahraga Indonesia kehilangan sosok inspirasional,” ujar Okto, Jumat (28/4/2023).

David Jacob menutup usia pada umur 45 tahun. Ia ditemukan tak sadarkan diri di pinggir rel kereta api jalur Stasiun Gambir – Stasiun Juanda pada km 4+700, Kamis (27/4/2023) malam. David sempat mendapatkan pertolongan medis di Rumah Sakit Husada, tetapi nyawanya tidak berhasil diselamatkan.

“Kami meminta pihak kepolisian dapat menindaklanjuti dan mengusut tuntas kasus David, sehingga keluarga dan kami sebagai keluarga besar olahraga Indonesia mendapat kejelasan apa yang menjadi penyebab kematiannya,” ujar Okto yang juga menjabat sebagai Ketua Asian Para Games Organizing Committee (Inapgoc).

David Jacob yang lahir di Makassar, 21 Juni 1977 meninggal dalam usia 45 tahun. Sebelum terjun di paratenis meja, David merupakan andalan Indonesia di tenis meja. Dia berpartisipasi pada SEA Games pertamanya pada tahun 2001. Berdueet dengan Yon Mardiono, mereka memenangkan satu-satunya medali emas Indonesia pada pertandingan tenis meja SEATTA di Singapura.

David Jacob juga bermain di SEA Games Vietnam (2003), Filipina (2005), dan Thailand (2007). Pada 2008, David menjadi pelatih untuk tim Tenis Meja Indonesia dan pada tahun 2009 dia bertanding di SEA Games di Kuala Lumpur.

Di level Asia, David Jacob yang turun di kelas TT 10 para tenis meja juga memiliki prestasi gemilang. Ia bersama Komet Akbar sukses meraih medali emas Asian Para Games 2018 usai mengalahkan ganda Korea Selatan Shin Seung-weon/Jung Sukyon.

David Jacob juga tercatat berhasil mempersembahkan medali perunggu bagi Merah Putih di Paralimpiade, yakni Paralimpiade 2012 London dan Paralimpiade 2020 Tokyo. (rmn)

Exit mobile version