Kamboja Minta Maaf Atas Insiden Bendera Indonesia Terbalik di Pembukaan SEA Games

Kamboja Minta Maaf Atas Insiden Bendera Indonesia Terbalik di Pembukaan SEA Games - bendera terbalik - www.indopos.co.id

Insiden Bendera Merah Putih terbalik pembukaan SEA Games ke-32 di Stadion Nasional Morodok Techno, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5). Foto: Komite Olimpiade Indonesia

INDOPOS.CO.ID – Komite Olimpiade Indonesia (NOC Indonesia) telah mengirimkan surat protes kepada Panitia Penyelenggara SEA Games 2023 Kamboja (CAMSOC) terkait insiden pengibaran bendera Merah Putih yang terbalik pada acara pembukaan pre-show.

Kejadian tersebut juga terekam dan disiarkan langsung melalui akun YouTube Press Office of The Council of Ministers Cambodia. Sebagai bentuk tanggung jawab, tuan rumah telah memberikan permintaan maaf atas insiden yang terjadi.

Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia Harry Warganegara juga telah menerima permintaan maaf tersebut dan mengapresiasi tindakan cepat tuan rumah untuk memastikan insiden serupa tidak terulang pada acara pembukaan resmi.

“Kamboja sudah meminta maaf secara langsung kepada kami dan telah bertindak cepat sehingga kejadian tersebut tidak terulang pada saat pembukaan acara,” katanya dalam keterangan, Sabtu (6/5/2023).

Menurutnya, NOC Indonesia telah secara resmi mengirimkan surat keberatan dengan nomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei yang ditandatangani oleh Harry Warganegara kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO CAMSOC Vath Chamroeun. NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan atas kesalahan penempatan bendera Indonesia oleh CAMSOC sebelum dimulainya pembukaan SEA Games ke-32 di Stadion Nasional Morodok Techno, Phnom Penh, Kamboja.

“Kami merasa tidak dapat menerima kesalahan tersebut karena kami telah memberitahu CAMSOC tentang penempatan bendera Indonesia yang telah disetujui sebelumnya. Kami berharap ada perbaikan yang dilakukan pada acara pembukaan dan menantikan tindakan cepat dari pihak terkait,” paparnya.

Dia menyebut acara pembukaan seharusnya dimulai pada pukul 19.00 waktu setempat. Namun, para penonton yang menyaksikan langsung upacara pembukaan diinformasikan untuk datang lebih awal sebelum acara dimulai.

“Selama waktu tunggu tersebut, penyelenggara acara menampilkan pre-show yang disiarkan langsung di kanal YouTube,” pungkasnya.

Sebagai informasi, SEA Games Kamboja merupakan edisi ke-32 dan ini adalah pertama kalinya Kamboja menjadi tuan rumah pesta olahraga multievent ASEAN. Tim Indonesia untuk SEA Games Vietnam yang dipimpin oleh Chef de Mission (CdM) Lexyndo Hakim juga berpartisipasi dalam 31 cabang olahraga. (fer)

Exit mobile version