Iqbal Candra Sumbang Emas dari Pencak Silat di SEA Games Kamboja

iqbal

Atlet pencak silat Iqbal Candra berhasil menyumbang satu medali emas untuk kontingen Indonesia pada SEA Games 2023 di Kamboja. (Kemenpora.go.id)

INDOPOS.CO.ID – Pesilat Indonesia Iqbal Candra berhasil menyumbang medali emas untuk kontingen Indonesia di SEA Games 2023 Kamboja. Emas diraih Iqbal usai mengalahkan wakil Malaysia Mohd Shahrul dari nomor kelas F putra.

Pertandingan final silat ini berlangsung di Chory Changvar International Convention and Exhibition Center, Phnom Penh, Rabu (10/5). Iqbal tampil sangat dominan sepanjang ronde. Iqbal menutup pertandingan dengan skor telak 53-9. Ini menjadi emas ke-26 yang diraih tim Merah Putih.

Pada ronde pertama, Iqbal mendominasi pertarungan. Iqbal berhasil mengoleksi banyak poin dari hasil pukulan dan bantingannya, hingga akhirnya dia memimpin 22-3.

Pada ronde kedua Iqbal tetap mengandalkan bantingan-bangtingannya hingga terus meraup poin. Ronde kedua ditutup dengan skor 37-3 untuk keunggulan Iqbal.

Pada ronde ketiga, wakil Malaysia Shahrul harus rela kehilangan tiga poin. Shahrul kehilangan poin karena mendapat peringatan dari wasit. Sementara, Iqbal secara terus menerus melancarkan serangan efektif dan mentup pertandingan dengan skor 53-9.

“Ini emas pertama yang saya peroleh saat mengikuti SEA Games. Sebelumnya, saat event yang sama di Vietnam, saya kalah di laga penyisihan,” ungkapnya seperti dikutip dari laman resmi Kemenpora.

“Alhamdulillah sesuai rencana dan berhasil. Ini hasil kerja keras kita di latihan berbulan-bulan. Hasil bagus dan tidak mengecewakan. Taktik dan strategi berjalan dengan tepat. Ini adalah emas pertama setelah saya latihan dan mempersiapkannya dengan matang,” ujar Iqbal.

Sementara itu, di nomor under 45 kg putri, Suci Wulandari mendapatkan medali perak. Dia kalah dari wakil Malaysia Norsyakirah dengan skor 33-36.

Perak juga disumbangkan atlet silat lainnya yakni Muhammad Yacser Arafa di nomor kelas C putra. Dia takluk dari wakil Thailand Phiraphon 40-49. (dam)

Exit mobile version