Kalahkan Brighton, Newcastle Miliki Kans Besar Lolos ke Liga Champions

Kalahkan Brighton, Newcastle Miliki Kans Besar Lolos ke Liga Champions - newscastle - www.indopos.co.id

Dan Burn mencetak gol kedua Newcastle saat melawan klub lamanya Brighton. (Sky Sports.)

INDOPOS.CO.ID – Newcastle United memiliki kas besar lolos ke Liga Champions musim depan, setelah mengalahkan Brighton dengan skor telak Jumat (19/5/2023) dini hari WIB.

Bermain di St James Park, pada laga partai tunda Liga Inggris 2022/2023 itu, Newcastle menang dengan skor besar 4-1. Kemenangan ini membuat Newcastle menjauh dari kejaran Manchester United dan Liverpool.

Kini Newcastle menempati posisi ketiga dengan torehan 69 poin atau unggul tiga poin dari MU di urutan keempat dan empat poin dari Liverpool di pos kelima.

Namun MU berpeluang menyamakan poin dari Newcastle lantaran mereka punya tabungan satu pertandingan alias baru bermain 35 kali berbanding 36 pertandingan milik The Magpies.

Dalam matchday ke-36 Liga Primer Inggris tersebut, Newcastle unggul terlebih dahulu di menit ke-22 melalui gol bunuh diri Deniz Undav, sebelum bek Dan Burn menambah keunggulan tersebut di masa injury time babak pertama.

Brighton sempat memperkecil ketertinggalan setelah Undav menebus kesalahannya dengan gol di awal babak kedua, namun tuan rumah memastikan tiga poin menyusul gol-gol Callum Wilson dan Bruno Guimaraes di akhir pertandingan.

Tambahan tiga poin membuat Newcastle nyaman duduk di urutan ketiga dengan koleksi 69 poin. Mereka memimpin tiga angka di depan Manchester United yang masih menyimpan satu laga lebih banyak, dan unggul empat poin dari Liverpool di urutan kelima sebagaimana musim ini tinggal menyisakan dua laga.

Pelatih Newcastle Eddie Howe mengaku senang dengan penampilan Newcastle melawan Brighton. Howe memuji para pemainnya yang tanpa henti menekan Brighton.

“Saya kira kami luar biasa. Saya merasa itulah yang terbaik dari kami di babak pertama. Kami tanpa henti dengan apa yang kami lakukan dan penghargaan penuh kepada para pemain atas apa yang mereka berikan secara fisik,” kata Howe seperti dilansir Sky Sports, Jumat (19/5/2023).

“Sangat sulit untuk mempertahankannya sepanjang pertandingan. Ketika Brighton mencetak gol, kami matang dalam menghadapinya sebelum kami mencetak gol di akhir pertandingan. Saya pikir kami fantastis dalam detail dan jarak. Kami memenangkan bola berkali-kali dan kami hanya frustrasi di babak pertama, karena kami tidak mencetak gol dari permainan terbuka,” ungkapnya.

“Kami bergantung pada set-play, tetapi saat babak pertama berjalan, kami senang dengan babak pertama. Para pemain beradaptasi dengan sangat baik dan kami sabar. Penonton membantu kami melewati batas dan gol ketiga sangat penting,” ujarnya.

Howe juga memberikan pujian untuk Wilson, yang 18 golnya di Liga Premier membuatnya menjadi pencetak gol terbanyak Newcastle di musim Liga Premier sejak Alan Shearer 19 tahun lalu.

“Dia luar biasa dan saya merasa bahwa penampilannya merupakan salah satu yang terbaik yang pernah saya lihat dia bermain, murni dari perspektif taktis,” tambah Howe. (dam)

Exit mobile version