Roberto Carlos Cs Latih Timnas U-16, Pupuk Mental Tim Garuda Mendunia

Roberto Carlos Cs Latih Timnas U-16, Pupuk Mental Tim Garuda Mendunia - bri2 - www.indopos.co.id

Sejumlah legenda sepak bola dunia yakni, Roberto Carlos, Marco Materazzi, Eric Abidal dan Juan Sebastian Veron menjadi pelatih sehari untuk pemain timnas Indonesia U-16. Foto: Dok PSSI

INDOPOS.CO.ID – Empat legenda sepak bola dunia yakni Roberto Carlos, Marco Materazzi, Eric Abidal, dan Juan Sebastian Veron menjadi pelatih sehari untuk pemain timnas Indonesia U-16 di ajang Fourfeo BRImo Future Garuda, Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Ketua Umum Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI), Erick Thohir, mengatakan hal itu dilakukan untuk memupuk mental dan mimpi Garuda Mendunia sejak dini.

“Kita ingin membangkitkan lagi semangat para atlet muda sepakbola Indonesia. Dari para legenda ini mereka belajar bahwa tidak ada yang tidak mungkin,” kata Erick dalam keterangannya, Kamis (1/6/2023).

Ia mengemukakan, para legenda sepak bola dunia itu awalnya juga bukan siapa-siapa. Namun, mereka bisa menjadi legenda karena memiliki mimpi besar.

“Dan mereka fight (berjuang keras) untuk mencapai mimpinya,” ucap Erick.

Ia mencontohkan Marco Materazzi memulai bermain sepak bola profesional di usia 22 tahun. Meski tergolong telat, namun eks bek timnas Italia itu berhasil membawa negaranya menggondol Piala Dunia pada usia 34 tahun.

Sementara Erick Abidal. Meski divonis menderita kanker, mantan pemain timnas Prancis itu tidak menyerah. Dia bahkan membawa timnya menjadi juara.

Sementara Roberto Carlos dan Juan Veron berasal dari desa miskin di negaranya dan berhasil masuk ke klub besar dunia seperti Manchester United dan Real Madrid.

Berkaca dari pengalaman itu, Erick memotivasi pemain muda bahwa tidak ada yang tidak mungkin diraih.

“Indonesia selalu dibilang dengan negara sebesar ini underdog (tidak diunggulkan). Inilah mentalitas yang kita harus bongkar di bangsa ini, terutama kalian timnas U-16, U-17 ke depan. Kalau kita punya mimpi, kita kerja keras, bisa,” cetus Erick.

Ia menyinggung bagaimana Yunani mengalahkan Portugal yang diperkuat Cristiano Ronaldo pada Piala Eropa 2004. “Artinya apa, kalau kalian serius bangun dari sekarang, kalian bisa (mengikuti jejak mereka),” tambah Erick.

Terlibat melatih timnas U-16 dan U-17, setiap legenda sepak bola itu memimpin satu tim. Ada Tim Carlos, Tim Materazzi, Tim Abidal, dan Tim Veron. Mereka akan berkompetisi di Stadion Madya, Jakarta. (dan)

Exit mobile version