Wasit Inggris Dilecehkan Suporter AS Roma Pasca Kalah dari Sevilla di Final Liga Europa

Wasit Inggris Dilecehkan Suporter AS Roma Pasca Kalah dari Sevilla di Final Liga Europa - wasit - www.indopos.co.id

Wasit Anthony Taylor mengeluarkan 14 kartu kuning, terbanyak dalam pertandingan Liga Europa pada laga final antara Sevilla dengan AS Roma. Foto: Sky Sports

INDOPOS.CO.ID – Wasit asal Inggris Anthony Taylor dan keluarganya dilecehkan oleh sekelompok suporter AS Roma di Bandara Budapest pada hari Kamis (1/5/2023) setelah kekalahan tim Italia tersebut dari Sevilla di final Liga Europa.

Berdasarkan video yang beredar di media sosial menunjukkan Taylor dan keluarganya diantar keluar dari sebuah kafe dan ke area yang aman oleh petugas keamanan Bandara Budapest setelah suporter AS Roma memburu wasit tersebut setelah pertandingan final pada Rabu malam.

Dalam video yang diposting di Twitter menunjukkan kursi dan botol dilemparkan ke arah Taylor dan kelompoknya.

“PGMOL mengetahui video yang beredar di media sosial yang menunjukkan Anthony Taylor dan keluarganya dilecehkan di Bandara Budapest,” kata Professional Game Match Officials Limited (PGMOL) dalam sebuah pernyataan seperti dilansir Sky Sports, Jumat (2/6/2023).

“Kami terkejut dengan pelecehan yang tidak dapat dibenarkan dan menjijikkan yang diarahkan pada Anthony dan keluarganya saat dia mencoba pulang setelah melaksanakan tugasnya sebagai wasit final Liga Europa UEFA. Kami akan terus memberikan dukungan penuh kami kepada Anthony dan keluarganya,” tandas PGMOL.

Sebuah pernyataan atas nama Bandara Budapest, mengatakan proses pidana telah dimulai terhadap seorang suporter AS Roma yang didakwa melakukan keributan setelah insiden tersebut.

“Suport tim AS Roma yang kalah mengenali wasit di food court bandara, tempat dia menunggu penerbangannya berangkat. Berkat kerja sama erat operator bandara dengan polisi dan peningkatan kehadiran polisi di bandara selama kedatangan dan keberangkatan para suporter, pihak berwenang langsung turun tangan, dan wasit diantar ke ruang tunggu dan menaiki pesawatnya dengan aman, didampingi oleh petugas Kepolisian,” bunyi pernyataan dari pihak Bandara Budapest.

“Warga negara Italia yang terlibat dalam insiden itu ditangkap oleh polisi dan proses pidana telah dimulai atas tuduhan pelecehan,” ujarnya.

“Tidak ada gangguan lebih lanjut di bandara setelah polisi turun tangan atas insiden yang terisolasi ini. Bandara Budapest dan polisi ingin memperjelas bahwa tidak ada toleransi terhadap kekerasan dalam bentuk apa pun terhadap penumpang atau staf yang bekerja di bandara,” katanya.

Seperti diketahui, Sevilla menang adu penalti saat melawan AS Roma di final Liga Europa. Kekalahan ini merupakan kekalahan pertama Manajer AS Roma Jose Mourinho di final Eropa setelah pertandingan yang membuat wasit Liga Premier Taylor mengeluarkan 14 kartu kuning, terbanyak dalam pertandingan Liga Europa, dan bermain hampir 30 menit waktu tambahan.

Rekaman pertandingan tersebar secara luas di media sosial menunjukkan Mourinho mengarahkan serangkaian makian kepada petugas di tempat parkir, menyebut penampilan mereka sebagai “aib”.

UEFA sedang menunggu laporan pertandingan wasit sebelum memutuskan apakah akan mengambil tindakan terhadap Mourinho.

Mantan wasit Liga Premier Dermot Gallagher memuji penampilan Taylor. “Saya tidak berpikir dia bisa melakukan sesuatu yang berbeda. Dia diuji berulang kali. Dalam segala hal, secara fisik dan mental,” katanya. (dam)

Exit mobile version