Meski Prestasi Korea Selatan Lebih Gemilang, Pemain Indonesia Pantang Gamang

timnas-Indonesia-berfoto

Para pemain timnas Indonesia berfoto bersama dalam Piala Asia U-23 2024. Foto: Dok PSSI

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia U-23 diyakini mampu memberikan perlawanan dan tak boleh takut saat menghadapi Timnas Korea Selatan U-23 dalam babak perempat final Piala Asia U-23 2024. Duel itu dihelat di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Kamis (25/4/2024) waktu setempat.

Pengamat sepak bola Binder Singh menyatakan, pasukan Shin Tae-yong mempunyai peluang lawan Timnas Korea Selatan U-23. Meski di atas kertas tim lawan lebih diunggal dari skuat Garuda.

“Para pemain tidak boleh gentar, jangan takut dengan nama besar Korea Selatan di level Asia,” kata Binder dalam kanal YouTube Bola Bung Binder, Jakarta, Kamis (24/4/2024).

Timnas Korea Selatan U-23 memang punya catatan gemilang. Salah satunya, pernah meraih medali emas di Asian Games 2022 Hangzhou pada Oktober 2023.

“Jelas, mereka punya nama besar dan prestasi yang bagus karena tim mereka U-23 ini sebelumnya meraih medali emas di Asian Games, dengan pelatih yang sama, Hwang Sun Hong,” ucap Binder.

“Jadi, ini pelatih yang sama membawa Korea Selatan meraih medali emas di Asian Games lalu dan materi pemainnya tidak banyak perubahan. Bahkan mereka punya striker yang produktif,” tambahnya.

Selama mengikuti kompetisi Piala Asia U-23 tahun ini, gawang mereka belum pernah kebobolan hingga fase grup. Di sisi lain, Indonesia bermain cukup baik dalam laga terakhir, lawan Timnas Australia dan Yordania.

“Intinya Indonesia melakukan pressing yang ketat di lini tengah, sama seperti Korea Selatan,” ucap Binder.

Pelatih Timnas Indonesia U-23 Shin Tae-yong mengklaim, telah mengetahui gaya permainan Timnas asal tanah kelahiranya tersebut. Mengingat sempat melatih Timnas Korsel pada tahun 2018 silam.

“Dan apalagi saya benar-benar tahu sekali lawannya (Korea Selatan) seperti apa,” ujat Shin Tae-yong terpisah dalam keterangan PSSI, Jakarta, Rabu (24/4/2024). (dan)

Exit mobile version