Ini Syarat Timnas Indonesia Kantongi Tiket Olimpiade Paris 2024

gol

Pemain Timnas Indonesia U-23 Pratama Arhan melakukan selebrasi usai mencetak gol lewat adu penalti lawan Timnas Korea Selatan U-23. (Dok. PSSI)

INDOPOS.CO.ID – Timnas Indonesia U-23 makin dekat dengan target yakni, tampil di Olimpiade Paris 2024. Garuda Muda telah bekerja keras menembus semifinal Piala Asia U-23, setelah menekuk Timnas Korea Selatan U-23 pada perempat final di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Jumat (26/4/2024) WIB.

Pengamat sepak bola nasional Kesit Budi Handoyo mengatakan, seluruh tim lolos semifinal memang mempunyai peluang yang sama untuk merebut tiket Olimpiade 2024. Hanya saja, terdapat tantangan dan kemudahan sesuai urutan timnya.

Bagi tim yang juara, runner-up, dan peringkat tiga Piala Asia U-23 langsung mengantongi tiket ke Olimpiade. Diketahui ajang olahraga internasional empat tahunan itu berlangsung di Paris mulai 26 Juli hingga 11 Agustus.

“Kita akan mendapatkan kesempatan untuk bisa lolos otomatis ke Olimpiade Paris 2024, bila kita menempati peringkat ke tiga,” kata Kesit Handoyo melalui gawai, Jakarta, Jumat (26/4/2024).

“Kita sekarang ada di empat besar, artinya kalau kita bisa ke final berarti satu tiket sudah pasti di tangan,” tambahnya. PSSI memang memasang target, agar Garuda Muda bisa tampil di Olimpiade 2024.

Sementara tim peringkat empat akan bertanding dengan tim perwakilan dari Afrika, Guinea. “Kalau misalnya kita hanya merebutkan posisi ketiga, maka kita masih punya peluang,” tutur Kesit.

Jika Marselino Ferdinan dkk memenangkan pertandingan perebutan posisi ketiga, tiket Olimpiade akan didapat oleh tim Indonesia.

“Kalau pun Indonesia menempati peringkat keempat, kesempatan itu masih ada karena nanti akan bermain untuk memperebutkan satu tiket ke Olimpiade mengbadapi wakil Afrika,” jelas Kesit.

Indonesia bermain imbang lawan Korea Selatan dini hari tadi. Skor 2-2 tidak berubah sampai dua kali babak tambahan atau 120 menit. Pemenang pun harus ditentukan lewat adu penalti.

Di babak itu, Indonesia menunjukkan mental yang lebih baik. Garuda Muda menang 11-10 atas Taeguk Warriors dan memastikan tempat di semifinal, sekaligus membuka peluang lolos ke Olimpiade Paris 2024.

Penantang Timnas Indonesia, masih menunggu hasil laga Timnas Uzbekistan U-23 kontra Arab Saudi pada perempat final Piala Asia U-23 pada malam ini pukul 20.30 WIB. Sementara laga semifinal Piala Asia U23 2024 berlangsung Senin (29/4/2024). (dan)

Exit mobile version