Armando Broja, Pemain Muda yang Terinspirasi Ronaldo

OLAHRAGA.INDOPOS.CO.ID – Sebagai produk dari akademi The Blues yang terkenal, Armando Broja yang lahir di Inggris menikmati masa peminjaman yang sangat baik di Southampton FC.

Pemain berusia 20 tahun itu memiliki lima gol dalam 18 penampilan.  Pemain termuda yang mencapai gol sejumlah itu dalam kampanye Liga Premier saat ini menghabiskan masa pinjaman di Southampton FC atau The Saints.

Broja tergila-gila sepak bola sejak ia masih kecil menonton klip legenda Brasil Ronaldo.  Broja mewujudkan mimpinya di panggung besar setelah muncul sebagai salah satu talenta paling menonjol musim ini.

Broja lahir di Slough dari orang tua Albania. Sepak bola telah menjadi bagian dari kehidupan Broja sejak lama. Ia sangat termotivasi  bahkan sebagai seorang anak dan pada usia enam tahun ia memiliki ambisi  untuk menjadi pemain terbaik.

“Saya melakukan beberapa uji coba dengan membaca. Itu berjalan dengan baik di sana dan saya menikmatinya tetapi pada saat itu saya sedang mencari klub yang lebih besar,” katanya dalam sebuah wawancara pada 2019.

Ada sebuah momen kunci dalam perkembangan awalnya  datang ketika ia ditemukan oleh seorang pencari bakat Tottenham bermain di sebuah turnamen dengan tim lokalnya Burnham Juniors.

“Dia sebenarnya datang untuk menonton pemain lain di tim saya, tetapi saya akhirnya memenangkan pemain terbaik turnamen dan dia mengambil saya sebagai gantinya, jadi saya pergi ke Tottenham dan menandatangani kontrak dengan mereka,” ujar Broja.

Sebagai penggemar berat Chelsea, dia akan melakukan semua yang dia bisa untuk menarik perhatian tim lawan setiap kali kedua klub London bermain satu sama lain.

“Kami sering bermain melawan Chelsea dan mereka sangat menyukai saya sebagai pemain, dan saat itulah saya bergabung dengan akademi,” tambahnya.

Seperti kebanyakan pemain pemula, Broja telah mendapat inspirasi dari sejumlah pemain yang ia tonton saat tumbuh dewasa. Salah satu kenangan awal Chelsea adalah melihat Didier Drogba mencetak gol. Sementara ayah Broja  memutar video legenda Brasil Ronaldo ketika Broja  masih kecil.

“Dia pemain yang luar biasa. Saya menonton begitu banyak klipnya. Dia kuat, cepat, dia memiliki segalanya. Seperti itulah cita-cita saya,” ujar Broja mengomentari  pemain Ronaldo.

Broja bergabung dengan Chelsea pada 2009 dan menghabiskan 11 tahun berikutnya berkembang melalui jajaran klub. Setelah mencetak 18 gol dalam 30 penampilan di level junior pada musim 2019-2020, ia diberikan kontrak profesional pertamanya pada Februari 2020 dan segera menyusulnya dengan debut seniornya pada 8 Maret 2020, kemudian bos Frank Lampard mengirim pemain berusia 18 tahun itu.  Ia bertahan selama empat menit terakhir dari kemenangan 4-0 melawan Everton.

Seperti banyak orang sebelum dia, Broja kemudian dikirim untuk mendapatkan lebih banyak pengalaman tim utama dengan pinjaman selama satu musim di klub Belanda Vitesse, dengan mantan striker Chelsea Tore Andre Flo ditugaskan sebagai mentornya selama berada di luar negeri.

Langkah tersebut terbukti sukses saat ia mencetak 11 gol dalam 34 penampilan, menjadikannya salah satu remaja dengan pencetak gol terbanyak di liga top Eropa. Kemajuan internasional anak muda itu  terus melesat. Dia mencetak tiga gol selama kualifikasi Piala Dunia, termasuk pemenang dalam kemenangan 1-0 melawan finalis Piala Dunia dua kali Hungaria. (dam)

Exit mobile version