Klub Liga Premier Setujui Panduan Baru Pembatalan Pertandingan

OLAHRAGA.INDOPOS.CO.ID – Klub Liga Premier telah menyetujui panduan baru yang mengatakan tim harus menunjukkan empat kasus positif Covid-19 untuk mengajukan permohonan agar pertandingan dibatalkan.

Perubahan panduan terjadi setelah serangkaian keputusan kontroversial untuk membatalkan pertandingan, dengan klub menggunakan kombinasi virus corona, cedera, skorsing, dan pemain yang bertugas internasional untuk menunda pertandingan.

Ada 22 penundaan pertandingan karena virus corona dan faktor lain di Liga Premier musim ini. Pertandingan terakhir yang dibatalkan adalah penundaan kontroversial Arsenal melawan Spurs, yang menuai kritik.

Diumumkan pada hari Senin (24/1/2022) bahwa jumlah kasus positif Covid-19 di Liga Premier telah turun untuk minggu keempat berturut-turut.

Panduan baru akan mulai berlaku menjelang pertandingan Liga Premier berikutnya pada Sabtu, 5 Februari ketika Burnley menjamu Watford.

Sebagaimana dilansir skysports.com Rabu (26/1/2022), ini adalah perubahan pedoman seputar penundaan pertandingan, bukan perubahan aturan. Aturan masih berlaku jika klub memiliki 13 pemain outfield dan kiper yang fit dan tersedia, pertandingan harus dilanjutkan.

Pedoman baru ini  ada untuk membantu mengarahkan kebijaksanaan yang ditampilkan oleh dewan Liga Premier, ketika mereka menerima aplikasi untuk penundaan, dan untuk mencegah klub mengajukan penundaan berdasarkan ketidakhadiran yang tidak terkait dengan Covid-19.

Intinya, keputusan hari Rabu (26/1/2022)  telah menaikkan standar jumlah kasus Covid-19  yang diperlukan untuk menunda pertandingan. Sebelumnya, satu kasus positif Covid dalam satu skuat menjadi alasan  untuk mengajukan penundaan pertandingan.

Sekarang, sebuah klub harus membuktikan minimal empat kasus positif Covid dalam skuat tim utama untuk mendaftar. Setiap permohonan penundaan tetap akan dinilai berdasarkan keadaan masing-masing.

Klub-klub memilih untuk tidak mengubah protokol Covid-19  di sekitar stadion dan tempat latihan, yang masih dalam tindakan darurat. Itu berarti para pemain Liga Premier akan tetap diuji setiap hari dan tetap berada dalam gelembung aman. (dam)

Exit mobile version