DKPP Minta Pencalonan Anggota Legislatif Ditentukan Secara Tegas

DKPP Minta Pencalonan Anggota Legislatif Ditentukan Secara Tegas - ketua dkpp - www.indopos.co.id

Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito saat RDP di DPR RI, Senayan. Foto: Humas DKPP

INDOPOS.CO.ID – Ketua Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Heddy Lugito mengharapkan agar penentuan calon Anggota DPR RI, DPRD Provinsi, DPRD Kabupaten/Kota, dan DPD RI dapat diatur secara tegas demi memastikan kepastian hukum yang jelas dan transparan bagi masyarakat.

“Sehingga meminimalisir sengketa pada saat pengumuman daftar calon tetap (DCT),” kata Heddy.

Rapat dengar pendapat ini diselenggarakan untuk membahas dua rancangan Peraturan KPU (PKPU), yang salah satunya berkaitan dengan pencalonan Anggota DPR, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota. Rancangan PKPU lainnya yang dibahas adalah tentang pencalonan Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD).

Heddy, didampingi oleh Anggota DKPP I Dewa Kade Wiarsa Raka Sandi dalam RDP ini, memberikan apresiasi atas upaya KPU yang telah menyusun dua rancangan aturan terkait pemilihan. Namun, ia mengingatkan KPU dan Bawaslu bahwa sengketa terkait Daftar Calon Tetap (DCT) dapat terjadi dan sangat mungkin terjadi.

Terlebih lagi, dalam kedua rancangan PKPU tersebut, KPU membuka kesempatan bagi masyarakat untuk memberikan tanggapan atau laporan terkait DCT yang telah diumumkan.

“Sengketa bisa saja terjadi lewat pengaduan di DKPP dan bisa juga terjadi di PTUN, dan lain-lain,” ungkapnya.

Heddy memberikan pesan kepada KPU dan Bawaslu agar selalu memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dalam proses pengumuman Daftar Calon Sementara (DCS) atau pengumuman Daftar Calon Tetap (DCT).

Menurut Heddy, respon yang cepat dari KPU dan Bawaslu dalam menangani potensi masalah yang muncul saat pengumuman DCS atau DCT dapat membantu mengurangi jumlah aduan terkait pelanggaran etika penyelenggara Pemilu (KEPP).

“Sehingga tidak berpotensi jadi perkara pengaduan etik ataupun hukum yang bisa mengganggu tahapan,” tutupnya. (fer)

Exit mobile version