Tingkatkan Kompetensi SDM Indonesia Sesuai Standar Internasional, DPR Jalin Kerja Sama Parlemen Jepang

dpr

Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar saat foto bersama usai menerima kunjungan kehormatan Delegasi Jepang yang digelar di Rumah Dinas Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Widya Chandra, Jakarta, Jumat (18/8/2023). Foto: (Humas DPR)

INDOPOS.CO.ID – Wakil Ketua DPR RI Muhaimin Iskandar menyatakan DPR RI terus berkonsentrasi dalam peningkatan kerjasama hubungan bilateral Indonesia-Jepang.

Salah satunya, secara khusus dalam kerjasama peningkatan kualitas serta kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang akan terus ditingkatkan sesuai standar global internasional khususnya standar Jepang.

Hal itu diutarakan Muhaimin saat menerima kunjungan kehormatan Delegasi Jepang yang digelar di Rumah Dinas Wakil Ketua DPR RI Koordinator Bidang Kesejahteraan Rakyat (Korkesra), Widya Chandra, Jakarta, Jumat (18/8/2023).

“Kita akan terus tingkatkan hubungan antar partai, hubungan antar parlemen sekaligus mensupport hubungan ekonomi dan kerjasama di semua bidang. Salah satu yang menjadi konsentrasi yang saya ingin terus kembangkan dan usahakan untuk terus ditingkatkan adalah kerjasama peningkatan kualitas SDM Indonesia. Sumber Daya Manusia Indonesia ini kompetensinya akan terus ditingkatkan sesuai standar global internasional khususnya standar Jepang,” ujar Muhaimin.

Dengan demikian, Muhaimin mengungkapkan melalui peningkatan kerjasama peningkatan kualitas SDM Indonesia tersebut maka tenaga kerja Indonesia yang dibutuhkan di Jepang memiliki kompetensi yang sesuai. Dalam hal ini, tandas Muhaimin, yakni sertifikasi serta standarisasi sangat penting dalam poin-poin kerjasama langsung antara badan standarisasi profesi di Indonesia dengan Pemerintah Jepang maupun badan sertifikasi di Jepang.

“Contoh sederhananya, kalau di Jepang itu potong rambut aja itu harus menggunakan standar yang ketat sertifikat yang ketat . Indonesia juga salon rambut di Indonesia juga dibuka oleh orang orang Jepang kerja disini karena mengejar standar yang dibutuhkan konsumen. begitu juga indonesia harus terus mengejar standar itu sehingga semua jenis profesi harus berkualitas standar yang tinggi,” tutur Muhaimin.

Terkait hal itu, Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut mengimbau kepada segenap generasi muda Indonesia agar semakin mengejar kualitas dan mutu yang dibutuhkan. Muhaimin juga berharap kemajuan apapun di Jepang, terutama teknologi memberikan dampak percepatan kemajuan teknologi nasional kedepan.

“Jadi peluang bekerja di Jepang itu sangat tinggi karena Pemerintah dan Kabinet Jepang juga membuka kerja di Jepang dari berbagai negara. Salah satunya, karena Indonesia memiliki tenaga kerja yang besar terutama bonus demografi dengan tenaga kerja yang muda yang produktif sehingga bisa mengisi kebutuhan tenaga kerja di Jepang,” tandas Muhaimin.

Sementara itu Chief Representative, New Komeito/Member of the House of Councilors of Japan Yamaguchi Natsuo menyampaikan terimakasih atas kesempatan yang diberikan untuk berkunjung untuk meningkatkan hubungan trust yang sudah ada baik antar partai maupun pemerintahan. Pada kesempatan itu, Delegasi Jepang juga menyampaikan Selamat Hari Kemerdekaan ke-78 Republik Indonesia.

Turut hadir dari Delegasi Jepang yaitu Ukishima Tomoko (Deputy Chair, Policy Research Council, New Komeito/Member of the House of Representatives), Taniai Masaaki (Chair, Public Relations Committee, New Komeito/Member of the House of Councilors), Shimizu Sadayuki (Chief Staff, International Affairs Bureau, New Komeito), Tokoro Masao (Organ Paper Committee, New Komeito). (dil)

Exit mobile version