Temui Petani Bawang di Brebes, Anies Bagikan Kupon Jaminan Pembelian Hasil Panen

Temui Petani Bawang di Brebes, Anies Bagikan Kupon Jaminan Pembelian Hasil Panen - anies 27 - www.indopos.co.id

Calon presiden Anies Baswedan menemui para petani bawang di Larangan, Brebes, pada Sabtu (23/12/2023) malam. Foto: Kedeputian Media TimNas AMIN

INDOPOS.CO.ID – Calon presiden Anies Baswedan menemui para petani bawang di Larangan, Brebes, pada Sabtu (23/12/2023) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Anies mendengarkan keluhan yang selama ini dialami para petani di lapangan. Salah satunya, harga yang tak stabil dan pupuk yang susah didapat.

“Kami meminta agar harga bawang stabil, jangan naik turun terus,” ungkap Rosi selaku perwakilan UMKM Bakul Bawang Merah.

Bukan hanya bawang, para petani juga mengeluhkan soal harga pupuk dan ketersediannya. Sebagaimana yang disampaikan oleh perwakilan petani, Windi Asturi.

“Saya mewakili petani bawang di Larangan, Brebes, ingin meminta harga pupuk tidak terlalu mahal. Kartu tani juga sebaiknya dicabut,” ujarnya.

Menanggapi keluhan tersebut, Anies pun menawarkan Contract Farming. Program yang juga disebut Jaminan Pembelian Panen ini diyakini dapat mengatasi permasalahan harga bawang yang tidak stabil.

Anies menyebut perjanjian itu nantinya akan dinamakan Perjanjian Hasil Panen. “Sebuah program yang kita luncurkan yang biasa kita sebut contract farming,” ujar Anies

Konsep perjanjian ini menurut Anies yaitu para petani bawang merah di Brebes mengikat kontrak dengan pemerintah. Para petani akan mendapat jaminan pembeli saat panen. Konsep ini sudah dilakukan suami Fery Farhati saat mengemban tugas di ibu kota.

Konsep contract farming saat Anies memimpin Jakarta berupa badan usaha milik DKI membeli hasil-hasil pertanian dari berbagai kabupaten.

Anies menjamin dengan adanya kontrak panjang 5 tahun membuat para petani tenang saat menanam, merawat, dan panen yang sudah jelas ada pembelinya.

“Dan harganya sudah disepakati. Itulah yang memberikan kestabilan harga atas komoditas pangan,” ujar Anies.

Program ini menurut Anies akan dijalankan ketika dia memenangkan kontestasi di Pilpres 2024. Dia berjanji akan menjalankan program ini. “Dan hari ini kami tandatangani di desa Larangan, Brebes,” katanya. (dil)

Exit mobile version