Senin, 25 Juni 2018 12:48 WIB
bjb idul fitri

makanmakan

Tipisnya si Bundar yang Menggugah Selera

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - SIAPA yang tak tahu penganan khas Italia, si bundar yang diatasnya bertabur daging, sayuran, dan aneka topping lainnya yang dibalur dengan saus tomat dan keju yang lezat? Yap, pizza namanya. Penganan bulat yang menggugah selera para penikmatnya.

Kali ini, tim Makan-Makan akan mengajak Anda menikmati aneka pizza dan beberapa khas makanan Italia ke Trattoria Cucina Italia, salah satu restoran ala western di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat.

BACA JUGA : Viral! Install Aplikasi Lazada sekarang dapat Diskon Hingga 80% dan Gratis Ongkir Selama Ramadhan

Trattoria Cucina Italia ini, dalam Bahasa Indonesia berarti Warung Makan Italia. Itu artinya, aneka menu makanan dan minuman yang disajikan kepada para tamunya, adalah makanan khas Italia dengan cita rasa original. “Ada ratusan menu dengan authentic Italian cuisine yang kami hadirkan,” ujar Manajer Trattoria Lippo Mall Puri, Timbul  kepada INDOPOS di Jakarta Barat, beberapa waktu lalu.

Bertempat di lantai Lower Ground unit 07, resto Italia ini hadir dengan desain maskulin modern. Warna hitam berpadu kayu dan sekat kawat rangrang ditemani lampu temaram kuning, serta mural bertema food and beverage di dinding menjadikan restoran ini khas. Ruang yang terbagi tiga bagian dengan 90-an daya tampung, membuat restoran ini terbilang unik tapi tetap cozy, dan homy untuk menikmati aneka menu yang disajikan.

“Buenvenito,” teriak dua waitres yang menjaga di pintu masuk menyapa ucapan Selamat Datang dengan Bahasa Italia kepada para tamu. Lantas mengantar mereka ke meja yang sudah tersedia.

Memilih meja di ruang sebelah kanan, lantas memilih beberapa menu yang menjadi rekomendasi di tempat ini. Pizza? Oh sudah jelas pasti menjadi pesanan utama. Tapi, selain itu, penganan lainnya seperti pollo ripieo confungi, spaggetti marimonte, creemee brulee, salad insalata pecorino pere, dan minuman mocktail Italian Freeze tak luput dari pesanan. “Semuanya khas Italia. Dijamin rasa otentik,” ujar Timbul.

Khusus pizza, sebagai menu utama, sengaja memesan dua porsi dengan rasa yang berbeda. Yakni, capriciosa pizza dan worstel e cipolla pizza. Penganan bulat ini disajikan di atas nampan kayu dengan roti atau dough yang sangat tipis dan renyah. Inilah yang membedakan pizza Italia dengan pizza khas Amerika seperti yang selama ini beredar di Indonesia.

Pesanan pun datang. “Capriciosa dan Worstel e cipolla pizzanya silakan,” ujar sang waitres dengan ramah.

Disuguhkan di atas meja, capriciosa pizza ini merupakan pizza daging sayuran. Sesuai namanya, penyajian makanan ini kaya akan topping. Sebut saja, rotinya dilapisi saus tomat segar, lalu di atasnya diberi potongan keju mozzarella,jamur, paprika merah, kuning, dan hijau, daging sapi asap, dan juga sosis. Semua topping ini menyatu dalam satu lingkaran pizza yang bisa dibagi menjadi delapan potong.

Rasanya? Gurih, asam, pedas dan renyah karena manisnya daging yang berlimpah berpadu asam tomat dan pedasnya paprika dengan pinggiran dough yang cruncy atau renyah. “Kalau pizza American style yang rotinya lebih tebal, dimakan dua potong sudah kenyang. Kalau pengalaman customer di sini, satu porsi pizza Italia ini bisa dihabiskan hanya satu orang saja, karena memang sangat tipis,” jelas Timbul.

Lantas bagaimana dengan rasa worstel e cipolla pizza? Rasanya tetap gurih dan ringan banget di mulut. Satu potong cukup dengan tiga lahapan karena  memang sangat menggugah selera. Kalau kata Timbul, ini lebih ke pizza yang disukai anak-anak sih. Karena memang bahannya dibuat dengan komposisi sederhana, hanya bertoppingkan saus tomat, mozzarella, irisan bawang Bombay, dan sosis. “Anak kecil lebih suka model ini,” ujar Timbul.

Mengenai harga, kedua pizza ini dibanderol mulai Rp 88 ribu hingga Rp 93 ribu per pan. Sangat terjangkau banget bukan?

Bagi kamu-kamu penikmat makanan Negerinya penyanyi Andrea Bocelli ini, bisa langsung mengunjungi Trattoria Cucina Italia di Lippo Mall Puri, Jakarta Barat, mulai pukul 10.00 WIB – 22.00 WIB setiap harinya. Buon appetito. Ciao!!! (cha)

Empat Menu Rekomendasi Wajib Cicip di Trattoria

  • Pollo Ripieno Con Fungi (risoleas ayam isi jamur). Disajikan enam potong yang di dalam risolnya berisi mozzarella, orenjo atau bayam khas Italia, dan jamur.  Dalam penyajiannya, menu ini digarnish pakai kentang creamy mashed,dan endife dengan slada keriting. Rasanya gurih cheesy. Makin sempurna dimakan dengan cocolan saus tomat yang segar dan asam. Harga Rp 126 ribu per porsi.

  • Spagetti Marimonteyang creamy dengan harga Rp 94 ribu per porsi. Nah, menu ini sangat cocok menjadi menu pendamping pizza. Italia memang terkenal dengan aneka jenis makanan yang mayoritas penggunaan bahannya adalah tomat. Untuk spaghetti ini, dimasak menggunakan bahan saus tomat, aneka seafood seperti udang besar dan kecil, kerang hijau,  kerang putih, sapi, dan keju. Semua bahan ini dimasak dan dicampur dengan spaghetti yang sudah direbus terlebih dahulu.

Ada cerita mengenai menu ini. Menu ini sangat terkenal di Italia karena menjadi penanda khas Kota Italia yang konturnya berbukit dan berpadu pantai. “Spagetti marimonte ini penggabungan dua bahan dari daratan dan lautan dalam satu piring. Ini signature menu kami dan paling banyak disukai pengunjung setelah pizza,” jelas Timbul.

  • Mocktail Italian Frizz. Minuman segar yang dibuat dengan bahan pisang, strawberry, sirup kiwi dengan campuran susu. Penyajiannya sangat indah dan menarik dengan topping daun mint.

  • Creeme Brulee. Bagi penikmat dessert,menu ini bisa menjadi pilihan. Krim custard yang dibakar, dengan topping caramel dan strawberry membuatnya sangat cocok menjadi makanan penutup yang menyenangkan. Untuk harga, sangat terjangkau Rp 52 ribu per porsi.

·       Insalata Pecorino Pere. Ini nih yang menjadi salah khas Italia. Kalau biasanya salad di Indonesia terkenal dengan campuran mayonnaise, kalau ini berbeda. Salad ini terbuat dari bahan utama bayam orenjo, buah pir, kacang cemara, dan pecorino, atau keju yang berasal dari susu domba yang sudah difermentasikan. Salad ini disajikan dengan siraman madu dan irisan tipis buah pir, sehingga membuat rasanya manis dan segar. Cocok menjadi makanan pembuka yang mengundang selera makan. Harganya, Rp 89 ribu per porsi.

Alamat Restoran Trattoria Cucina Italia

Lippo Mall Puri, Lantai LG unit 07, Jl Puri Indah Blok U1, Puri Indah, CBD, Kembangan, Jakarta Barat.

(Operation hour: 10.00 WIB-22.00 WIB setiap hari)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner 

Berita Terkait

Kuliner Pedas Olahan Laut

makanmakan

Sambal Matah Jadi Kuliner Populer di Bali

Liga Indonesia

Omset Pedagang Kue Lebaran Menurun

Lifestyle

IKLAN