Rabu, 26 September 2018 09:30 WIB
pmk

Nusantara

Moeldoko Teringat Masa Kecil Kunjungi Pesantren di NTB

Redaktur: Redjo Prahananda

Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (tengah) berkunjung ke pondok pesantren di Nusa Tenggara Barat (NTB).

INDOPOS.CO.ID - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko berkunjung ke pondok pesantren di Nusa Tenggara Barat (NTB). Melihat para santri, Moeldoko terkenang dengan masa kecil.

Moeldoko berkunjung ke Pondok Pesantren Al-Manshuriyah Ta'limusshibyan, Bonder, Lombok Tengah. Dia bertemu dengan pengasuh Ponpes, TGH A Taqiuddin Manshur. Moeldoko memberi tausiyah kepada 200 santri di sini.

Semasa kecil, mantan Pangilama TNI ini tinggal di dusun, jauh dari kecamatan. Dia seringkali berada di langgar atau musala. “Pagi-pagi jam 4.00, anak-anak kecil termasuk saya sudah dibangunkan Kiai Slamet pakai rotan,” kenang Moeldoko.

Setelah itu, dia belajar mengaji bersama. Baru dari situ pulang ke rumah, membantu orang tua di sawah. “Kadang-kadang menyiram tembakau, membuat lubang untuk menanam jagung, atau memanen padi pakai tangan. Tergantung musimnya," cerita Moeldoko kepada para santri. Dalam kesempatan tersebut, dia berpesan agar santri selalu menjaga diri dari narkoba.

Kondisi sosial mayoritas warga NTB masyarakat agraris dengan kesadaran religius tinggi. Maka KSP juga akan berkunjung ke sejumlah pondok pesantren di NTB. Melalui kunjungan seperti ini, masukan-masukan untuk pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) bisa dikumpulkan.

Provinsi ini mendapatkan perhatian besar dari Presiden Jokowi dan pemerintah pusat karena dari sisi IPM banyak yang harus diperbaiki dan dikerjakan di Provinsi ini," ujar Moeldoko.

Salah satu tantangan besar yang harus didorong dari Provinsi ini adalah peningkatan kualitas SDM. Ranking indeks pembangunan manusia NTB hanya di atas Papua dan Nusa Tenggara Timur (NTT). NTB perlu mengejar ranking indeks pembangunan manusia supaya lebih baik dari provinsi-provinsi lainnya.

"Peningkatan kualitas SDM NTB perlu, apalagi beberapa proyek strategis nasional dikerjakan pemerintah pusat di NTB. Proyek itu adalah Kawasan Ekonomi Khusus Mandalika, pengembangan jaringan Global Hub Kayangan, bendungan, dan pembangkit listrik bergerak," tutur Moeldoko.

Sudah tujuh kali Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengunjungi NTB. Dan hari ini, KSP menggelar kunjungan untuk meningkatkan kualitas SDM yang dimiliki NTB. Kunjungan ini untuk mengumpulkan tanggapan, kritik, dan usulan untuk membangun NTB. (rej)


TOPIK BERITA TERKAIT: #ksp-moeldoko 

Berita Terkait

IKLAN