Minggu, 16 Desember 2018 01:29 WIB

Nasional

Presidium Alumni 212 Tolak Tokoh yang Usung Jokowi

Redaktur: Ali Rahman

Presidium Alumni 212 saat menggelar konferensi pers terkait penyelenggaraan Konvensi Bakal Calon Presiden 2019 Pilihan Umat . Foto: Muhammad Rifani/Indopos.

INDOPOS.CO.ID - Konvensi Bakal Calon Presiden (Balonpres) 2019 Pilihan Umat resmi dijalankan oleh Presidium Alumni 212. Konvensi ini sendiri bebas diikuti oleh beberapa tokoh atau politisi muslim, namun ada satu pantangan yang diutarakan oleh panitia.

Ketua Komite Independen Konvensi Balonpres 2019, Yudi Syamhudi Suyuti menegaskan dalam konferensi persnya di Roemah Rakyat Tebet, Senin (12/3) bahwa dalam kegiatan ini yang bisa mendaftar adalah yang tidak mengusung Jokowi.

"Penjaringan Balonpres periode 2019-2024 dan wakilnya hanya kepada yang dinilai memiliki kapasitas serta kapabilitas sebagai Kepala Negara, salah satu kriterianya adalah dari Ketua Umum atau Tokoh Politik dari partai yang tidak mengusung pasangan Capres Jokowi," tegas Yudi.

Untuk alasannya sendiri, Yudi mengatakan jika itu untuk menangkal calon tunggal nantinya dalam Pilpres. Itu juga dikatakannya sesuai dengan alasan serta tujuan Konvensi ini diadakan.

Ditambahkannya juga, Konvensi ini juga tak hanya untuk mereka yang berlabel Partai politik. Namun Yudi menginformasikan kalau tokoh non politik juga bisa mendaftar.

"Dari tokoh agama atau tokoh sentral organisasi keagamaan berskala nasional juga bisa. Terus tokoh nasional atau cendekiawan baik dari kalangan sipil maupun purnawirawan yang memiliki wawasan kebangsaan, inelektualitas serta karakteristik kepemimpinan yang berskala nasional bahkan internasional juga masuk kriteria," jelasnya. (rvn)


TOPIK BERITA TERKAIT: #presidium-alumni-212 #pemilu-2019 

Berita Terkait

IKLAN