Sabtu, 20 Oktober 2018 07:31 WIB
pmk

Nasional

Taklukan Selat Sunda, Srikandi TNI AD Terima Penghargaan Kasad

Redaktur: Redjo Prahananda

Foto : Istimewa

INDOPOS.CO.ID - Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Mulyono kembali memberikan penghargaan kepada prajurit  berprestasi di di Ruang Tamu Kasad, Mabesad, Jakarta, Selasa (13/3/2018), usai menghadiri Rakornis TMMD ke-101.
 
Kali ini, giliran Sersan Dua (Serda) Archia Febra Novera (22), anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad) yang berasal dari satuan Direktorat Keuangan TNI AD (Ditkuad) menerima penghargaan tersebut. 

Archia dianggap berprestasi, selain menjadi satu-satunya perwakilan TNI AD di lomba renang sejauh 39 kilometer menyebrangi Selat Sunda, dirinya juga sukses menaklukkan medan lomba berat itu.

Archia menghabiskan total 11 jam 27 menit sebelum akhirnya menyentuh finish di Tanjung Sekong, Merak, Cilegon, Banten. Kowad cantik ini memulai start di Pelabuhan Bandar Bakau Jaya, Bakauheuni, Lampung, Jumat (2/3) pukul 21.50 WIB, dan tiba di garis akhir Sabtu, (3/3) 11.47 WIB.

Kowad asal Jember, Jawa Timur, ini memang menyukai olahraga renang sedari kecil. Bahkan dia masuk menjadi prajurit wanita di TNI AD melalui jalur unggulan (seleksi khusus bagi atlet-atlet berniat gabung dan berkarier sebagai prajurit TNI).

Bagi Archia, lomba renang gagasan Korps Marinir ini kali ini menjadi ajang terberat dengan jarak tempuh terjauh. Beberapa lomba pernah dia ikuti  antara lain Piala Panglima TNI di Ancol, KSAL Cup di Kendari, dan juga lomba di Selat Madura (Suramadu). 
 
"Keberhasilan ini (menyelesaikan lomba) saya persembahkan untuk diri saya, keluarga, dan juga untuk TNI AD," ujar dia di Mabesad.
 
Menurut dia pula, berkat gemblengan dari TNI AD, membuat Archia menjadi pribadi gigih dan pantang menyerah. Meskip lomba dalam keadaan gelap gulita dan lelah melanda, namun dia terus berjuang sampai mencapai finish. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lomba-renang-menyebrangi-selat-sunda 

Berita Terkait

IKLAN