Rabu, 26 September 2018 10:13 WIB
pmk

Wanita

Jangan Tabu Bicara Haid

Redaktur:

EDUKASI-Direktorat Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) meluncurkan sebuah buku saku bertajuk ”Sehat dan Bersih Saat Menstruasi” di Jakarta Selatan, Rabu (14/3). Foto: Dewi Maryani/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Masih banyak masyarakat di Indonesia yang tabu membahas soal kewanitaan. Termasuk masalah haid.

Menurut hasil riset dari Burnet Institute yang dilakukan pada 1.159 siswi di Indonesia, diketahui masih banyak anak perempuan yang belum mengerti mengenai menstruasi, siklus menstruasi, dan manajemen kesehatan menstruasi.

Kasubdit Kesehatan Usia Sekolah dan Remaja dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dr Kristina Manurung mengatakan, remaja perempuan perlu mendapatkan pengetahuan mengenai menstruasi bahkan sebelum memasuki fase tersebut. ''Kurangnya pengetahuan mengenai menstruasi bisa menyebabkan kurangnya persiapan ketika pertama kali mengalami menstruasi,'' ujarnya di SMP 115, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu (14/3).

Oleh karena itu, Direktorat Persatuan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI) meluncurkan sebuah buku saku bertajuk ”Sehat dan Bersih Saat Menstruasi”. ''Buku ini untuk mengetahui menstruasi, menjaga kebersihan saat menstruasi serta mendukung Perilaku Hidup Bersih dan Sehat atau PHBS,'' urainya.

Buku saku tersebut berisi pengetahuan tentang alat reproduksi perempuan, misteri menstruasi, masalah-masalah terkait menstruasi, hingga mitos saat menstruasi. ''Ini peluncuran buku saku menstruasi pertama kali di SMP. Kenapa harus di SMP? Karena pertama kali haid berada di fase SMP. Buku ini akan sangat membantu,'' jelas perwakilan POGI dr Botefilia Budiman, SpOG, KFER.

Rencananya, buku saku ini akan disebarluaskan pada remaja perempuan usia 12-14 tahun di SMP, serta komunitas ibu dan anak melalui Dinas Kesehatan. (dew)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #wanita 

Berita Terkait

IKLAN