Senin, 23 Juli 2018 07:22 WIB
BJB JULI V 2

Nasional

Pelapor Amien Rais Langsung Diperiksa sebagai Saksi Pelapor

Redaktur: Redjo Prahananda

INDOPOS.CO.ID – Polisi benar-benar sigap dalam menindaklanjuti lapooran terhadap mantan Ketua MPR RI Prof Dr H.Amien Rais.

Bagaimana tidak ? baru Minggu petang (15/4) Amien Rais dilaporkan ke Mapolda Metro jaya oleh Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi, Senin sore pelapor langsung dimintakan keterangan dalam rangka pembuatan Berita Acara Pemeriksaan (BAP).

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan kalau Aulia diperiksa sebagai saksi pelapor sekaligus mengklarifikasi seluruh barang bukti yang dibeberkan Aulia sebagai pelengkap laporannya.

Terkait pemeriksaan terhadap Amien Rais, dijelaskan Argo sesuai prosedur penyelidikan maka seluruh tahapan harus dilalui, mulai dari pemeriksaan pelapor, pemeriksaan saksi-saksi termasuk memintakan keterangan saksi ahli baik saksi ahli pidana maupun saksi ahli bahasa, baru tahapan selanjutnya memeriksa terlapor. ”Kami sesuai tahapan, kan pelapor juga belum (diperiksa),” tandas Argo di Mapolda Metro Jaya, Senin (16/4).

Sebelumnya, pada Minggu petang (15/4) Ketua Dewan Kehormatan PAN yang juga Ketua Penasihat Persaudaraan Alumni (PA) 212 Amien Rais dilaporkan ke Polda Metro Jaya oleh Ketua Cyber Indonesia Aulia Fahmi.

Dalam surat laporan polisi bernomor LP/2070/IV/2018/PMJ/Dit Reskrimsus/15 April 2018, polisi menduga Amien Rais telah melanggar Pasal 28 ayat (2) juncto Pasal 45 A ayat (2) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE terkait penyebaran kebencian yanh bermuatan SARA dan/atau Pasal 156 A KUHP tentang penistaan agama, dengan ancaman hukuman minimal 5 tahun penjara.

Dijelaskan Aulia, pernyataan Amien Rais terkait adanya partai Allah dan partai setan memicu perpecahan bangsa. Ia menambahkan, istilah partai setan yang digunakan Amien Rais itu mengarah kepada partai-partai selain PAN, PKS, dan Gerindra, karena ketiga partai tersebut telah disebutnya sebagai partai Allah.

”Sebab kalau hanya tiga nama partai itu yang disebut, partai lain dianggap partai setan, atau kelompok lain adalah kelompok setan. Jadi tujuan pernyataan itu sudah jelas Amien Rais sengaja berupaya memecah-belah persatuan bangsa Indonesia. Maka itu kami melihat ada indikasi dia berupaya memecah-belah persatuan bangsa,” lontarnya.

Untuk diketahui, Amien Rais yang juga mantan Ketua MPR RI ini dalam acara tausiyah usai mengikuti Gerakan Indonesia Salat Subuh berjemaah di Masjid Baiturrahim Mampang Prapatan Jakarta Selatan pada Sabtu pagi (14/4). Dalam acara itu ia mengatakan menyebut PAN, PKS, dan Gerindra sebagai partai yang membela Allah. Dia juga mengatakan, orang-orang yang anti-Tuhan akan bergabung dengan partai besar yang disebut sebagai partai setan, meski tak menyebutkan partai apa saja yang dimaksudkannya. (ind)


TOPIK BERITA TERKAIT: #amien-rais 

Berita Terkait

IKLAN