Senin, 20 Agustus 2018 04:10 WIB
pmk

Indotainment

Mengintip Aksi Hijau Grup Musik RAN

Redaktur:

PENGHIJAUAN - Grup musik RAN melakukan penanaman pohon di Ambarawa.

INDOPOS.CO.ID - Grup musik RAN memiliki aktivitas baru. Tak sekadar menghibur penggemarnya dengan tembang romantis. Grup musik beranggotakan Rayi, Asta, dan Nino mulai menyerukan aksi penghijauan. Langkah itu dimulai di Ambarawa. Seperti apa?

Achmad Sukarno. Jakarta

Penghijaun menjadi konsentrasi banyak pihak. Tak hanya pemerintah dan Lembaga Sosial Masyarakat (LSM). Upaya pemulihan, pemeliharaan dan peningkatan kondisi lahan agar lingkungan memiliki kondisi alam yang baik sehingga nyaman untuk penghuninya mulai dilakukan sejumlah musisi.

Satu demi satu melakukan beragam aksi. Mulai dengan musik, hingga melakukan penanaman pohon. Salah satunya Grup musik RAN. Grup musik beranggotakan  Rayi, Asta, dan Nino melakukan penanaman pohon di Ambarawa.

”Mungkin tadinya kita berpikir cukup dengan tindakan kecil seperti hemat listrik, tidak buang sampah sembarangan, dan lain-lain. Namun lingkungan hidup kita perlu lebih dari itu,” ujar Nino saat jumpa press conference "Program DTFL Menanam Trembesi 261 KM Joglosemar belum lama ini.

Nino mengaku merasa perlu terlibat dalam gerakan penghijauan yang lebih strategis dan berdampak lebih besar seperti yang digagas oleh Djarum Trees For Life. Nino mengatakan perlu kesadaran dalam tingkat yang lebih nyata lagi untuk memperbaiki kondisi lingkungan hidup.

”Makanya kita mau mengajak masyarakat terutama generasi muda, untuk mulai dengan tindakan yang lebih nyata dengan menanam pohon,” ujar Nino.

Aksi tersebut memang bukan kali pertama dilakukan Nino bersama teman-temanya. Sebelumnya, mereka telah melakukan kegiatan serupa namun di lokasi yang berbeda. ”Dulu juga pernah diminta meramaikan di Tegal tahun 2012,” katanya.

Kegiatan penghijuan ini makin sering dilewati mereka setelah di dapuk duta lingkungan DTFL. Nino dan kawan-kawan pun makin bersemangat.  ”Lingkungan ini isu semua orang, kalau peduli pada masa depan lingkungan yang lebih baik, harus dilakukan hal-hal kecil. Tidak perlu menanam pohon mengelilingi Jawa, tapi cukup membuang sampah di tempatnya, hal-hal kecil begitu saja,” katanya.

"Intinya begini, kalau kita peduli pada masa depan lndonesia yang lebih segar dan lebih baik, ya kita harus bisa melakukannya dari hal-hal yang kecil seperti membuang sampah pada tempatnya atau mematikan listrik jika sedang tidak dipakai."

Bahkan ditahun 2018 sebuah lagu yang terinsipirasi dari lingkungan lahir. ”Tahun 2008. Judulnya Selamat Pagi, lagu kami saat kangen pada kesejukan pagi yang tidak kami temui saat kami sudah dewasa. Ayo dong jaga lingkungan supaya udara segar kembali,” jelasnya

Sementara itu Vice President Director Djarum Foundation FX Supanji mengatakan program Penamanan Trembesi 261 KM Joglosemar merupakan inisiasi dari Djarum Foundation yang bertujuan untuk memperbaiki lingkungan dan kualitas udara untuk masa depan yang lebih baik.

“Program ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian, tanggung jawab, serta komitmen Djarum Foundation terhadap lingkungan guna mengurangi efek pemanasan global dan menciptakan lingkungan yang bersahabat bagi Indonesia di masa depan. ujar FX Supanji.

Seremoni penanaman ini juga dihadiri oleh Wakil Bupati Kabupaten Semarang Ngesti Nugraha, SH. Hadir juga grup band RAN yang didapuk sebagai Duta Penghijauan Bakti Lingkungan Djarum Foundation. RAN yang terdiri dari Rayi, Aska, dan Nino ini ikut serta menanam pepohonan di area Danau Rawa Pening, Ambarawa.

Tidak hanya melakukan penanaman, program Djarum Trees For Life juga berkomitmen melakukan perawatan secara menyeluruh selama tiga tahun untuk semua pohon yang ditanam. Perawatan ini meliputi, penyiraman, pemupukan, pemangkasan, hingga penggantian bila ada pohon yang rusak atau mati. “Kami sadar bahwa untuk mewujudkan lingkungan yang hijau, dibutuhkan upaya bersama-sama dari seluruh elemen masyarakat,” ujar FX Supanji.

Oleh karena itu, dalam seremoni, hadir juga para perangkat desa yang berasal dari 19 Kecamatan di Kabupaten Semarang yang diharapkan dapat menggerakkan seluruh warga masyarakat untuk ikut serta melakukan penghijauan secara mandiri di lingkungannya masing-masing. Djarum Foundation memberikan bantuan 1.900 bibit pohon kepada perwakilan dari 19 kecamatan tersebut, yang terdiri dari 950 bibit pohon Trembesi, 475 bibit pohon Durian, dan 475 bibit pohon Alpukat. Bantuan berupa alat tanam juga diberikan sebanyak 190 buah cangkul dan sekop. (*) 


TOPIK BERITA TERKAIT: #ran #musik #penghijauan 

Berita Terkait

Mengintip Prambanan Jazz Festival 2018

Indotainment

Kotak Buka Konser Paramore

Indotainment

The Jawara, Ekpresi Para Mantan Personel D’bangindas

Indotainment

Mariah Carey Batal Konser di Australia dan Selandia Baru

Indotainment

Halsey Selipkan Motivasi di Tengah Penampilan

Indotainment

IKLAN