Jumat, 20 Juli 2018 12:19 WIB
BJB JULI V 2

Piala Dunia 2018

Di Grup H, Tiga Tim Berebut Lolos ke 16 Besar

Redaktur: Redjo Prahananda

Skuad timnas Kolombia. Foto: AFP

INDOPOS.CO.ID - Persaingan memperebutkan tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 dari Grup H melibatkan tiga tim. Ketiganya adalah Jepang, Senegal, dan Kolombia. Sementara, Polandia sudah dipastikan gagal lolos.

Polandia terpaksa melupakan asa melaju ke fase gugur akibat kalah 0-3 dari Kolombia pada macthday kedua di Kazan Arena, Senin (25/6) dini hari WIB. Ketiga gol Kolombia dilesakkan Yerry Mina, Radamel Falcao, dan Juan Cuadrado.

Bagi Kolombia, kemenangan itu membuat asa untuk lolos masih terbuka. Mereka kini bertengger di urutan ketiga klasemen sementara Grup H dengan 3 poin dari dua laga. Poin Kolombia terpaut satu dari Jepang dan Senegal yang berada di atasnya.

Piala Dunia 2018, Timnas Polandia, Timnas Kolombia, Timnas Jepang, Polandia vs Kolombia,
Klasemen sementara Grup H Piala Dunia 2018 hingga matchday kedua. (Twitter @FIFAWorldCup)

Nasib Kolombia akan ditentukan pada laga pamungkas melawan Senegal, Kamis (28/6) malam WIB. Sementara pada saat bersamaan, Jepang akan bertemu Polandia. Kolombia bisa lolos andai menang atas Senegal. Sementara, Senegal sudah bisa lolos andai cuma imbang.

Di sisi lain, Jepang menentukan nasibnya sendiri saat melawan Polandia. Kemenangan atau hasil seri akan membawa tim beralias Samurai Biru itu melaju ke babak 16 besar.

Bagaimana jika Jepang kalah dari Polandia? Berarti mereka harus menanti nasib dari laga Senegal versus Kolombia. Jepang bisa tetap lolos sebagai runner up jika Senegal menang. Andai skornya imbang, wakil Asia itu harus beradu selisih gol dengan Kolombia karena poinnya akan sama, yakni 4.

Jika Kolombia dan Polandia yang menang di matchday ketiga, berarti Jepang dan Senegal harus beradu selisih gol untuk memperebutkan posisi runner-up.(jpg)


Regulasi penentuan lolos dari fase grup:

1) Poin;
2) Selisih gol;
3) Produktivitas gol;

Jika 2 atau 3 tim memiliki kesamaan dalam tiga kriteria di atas, penentuan berikutnya adalah:
4) Poin tertinggi dari pertandingan yang melibatkan 2 atau 3 tim tersebut (Tidak termasuk pertandingan melawan Polandia)
5) Selisih gol dari pertandingan yang melibatkan 2 atau 3 tim tersebut (Tidak termasuk pertandingan melawan Polandia)
6) Produktivitas gol dari pertandingan yang melibatkan 2 atau 3 tim tersebut (Tidak termasuk pertandingan melawan Polandia)
7) Poin fair play dari semua pertandingan di grup (-1 untuk satu kartu kuning, -3 untuk kartu kuning kedua satu pemain, -4 untuk kartu merah langsung, -5 untuk satu kartu kuning yang disusul kartu merah langsung)
8) Undian oleh FIFA Organising Committee

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #piala-dunia-2018 

Berita Terkait

IKLAN