Rabu, 26 September 2018 09:36 WIB
pmk

Total Sport

Gagal Tanding karena Maskapai Tolak Bawa Galah Fauzan

Redaktur:

Atlet lompat galah Idan Fauzan gagal berangkat ke kejuaraan atletik dunia di Finlandia. Ini terjadi karena galah tak bisa diangkut di pesawat. Foto/ Istimewa

INDOPOS.CO.ID- Di tengah sukses yang diraih Lalu Muhammad Zohri, ternyata ada peristiwa sedih yang merugikan atlet Indonesia. Pasalnya, satu dari tiga atlet yang dikirim PB Persatuan Atletik Indonesia (PB  PASI) ke ajang IAAF World U20 Championships 2018 di Tampere, Finlandia, gagal berangkat. Pasalnya, atlet lompat galah, Idan Fauzan, tidak bisa ikut bertanding karena galah milik dia ditolak diangkat oleh maskapai yang akan membawa dia ke Finlandia.

Sekretaris umum PB PASI Tigor M Tanjung  saat dikonfirmasi INDOPOS, Kamis (12/7),  membenarkan kejadian itu. Dia mengatakan, akhirnya  Indonesia hanya diwakili pelari gawang putra Halomoan Edwin Binsar dan sprinter Lalu Muhammad Zohri. “Tadinya, kami juga akan berangkatkan pelompat galah Idan Fauzan, tapi karena kendala galahnya yang tidak bisa diangkut pesawat, ia tidak jadi berangkat,” ujar Tigor M Tanjung.

Informasi yang diperoleh, kegagalan pemberangkatan atlet akibat tak bisa membawa galah, sudah menjadi persoalan lama PB PASI. Bahkan, beberapa kali, atlet Indonesia berlaga di luar negeri tanpa galah standar mereka sehingga, tak bisa menghasilkan prestasi terbaik.

Sebagian besar maskapai penerbangan internasional menolak membawa galah. “Padahal, Idan punya peluang untuk meraih medali dan memecahkan rekornas ,” tambah Tigor.

Idan merupakan pemegang rekornas lompat galah putra dengan lompatan setinggi 5,20 meter. Idan juga masuk daftar atlet yang akan diturunkan di ajang Asian Games 2018 mendatang.

Menurut Tigor Tanjung, ini kali pertama atlet Indonesia berhasil lolos ke kejuaraan yang berlangsung dua tahunan tersebut. Namun, sayang kesempatan untuk berprestasi maksimal di tingkat dunia, pupus akibat kendala non teknis. (bam)


TOPIK BERITA TERKAIT: #lompat-galah 

Berita Terkait

IKLAN