Rabu, 26 September 2018 04:07 WIB
pmk

Liga Indonesia

Empat Laga, Singo Edan ”Nyaris” Sempurna

Redaktur:

BENTENG TANGGUH - Aksi bek Arema FC Israel Wamiau (kanan) duel udara dengan pemain Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, kemarin (11/7). M. IDRIS JIAN SIDIK/RADAR BANJARMASIN

INDOPOS.CO.ID - Arema FC memang tak meraih kemenangan saat menghadapi tuan rumah Barito Putera di Stadion 17 Mei, Banjarmasin, kemarin (11/7). Tapi, hasil 0-0 di kandang tim yang performanya lagi hot di Liga 1 itu bisa bermakna kemenangan bagi skuad Singo Edan.

Seperti diketahui, Bekantan Hamuk–julukan Barito Putera– adalah penguasa puncak klasemen sementara Liga 1.  Bandingkan dengan Arema FC yang baru saja merangkak naik dari papan bawah Liga 1.

Kemudian dari sisi materi pemain, Barito Putera bisa dibilang lebih mentereng. Skuad asuhan Jacksen F. Tiago itu diisi nama-nama seperti Hansamu Yama, Gavin Kwan Adsit, Rizky Pora, hingga Paulo Sitanggang. Dalam beberapa tahun belakangan, mereka menjadi andalan tim nasional Indonesia.

Tapi, meski menghadapi tim yang lebih baik di atas kertas, pemain Arema FC tampil penuh percaya diri. Status tamu tak membuat Arema FC memperagakan strategi bertahan total. Justru, Dendi Santoso dkk tampil menyerang dan beberapa kali merepotkan pertahanan Barito Putera.

Pada menit ke-12 misalnya, Dendi Santoso melepaskan umpan tendangan bebas ke depan gawang Barito Putera. Sayang, heading Arthur Cunha memanfaatkan umpan tersebut masih melebar ke sisi kiri atas gawang Barito Putera yang dikawal Aditya Harlan.

Pada penghujung babak pertama, Arthur bahkan sempat membobol gawang Barito Putera lewat skema tendangan penjuru. Sayang, gol itu dianulir karena wasit menilai telah terjadi pelanggaran yang dilakukan pemain Arema FC di kotak terlarang.

Memasuki babak kedua, Barito Putera lebih banyak menguasai bola. Kecepatan Rizky Pora acap kali menyulitkan pemain belakang Arema FC. Bahkan, pada periode lima menit sebelum pertandingan buyar, Barito Putera melancarkan serangan sporadis.

Serangan itu membuat Arema FC mau tak mau menerapkan strategi bertahan dengan menumpuk banyak pemain di belakang. Upaya itu berbuah hasil karena hingga peluit panjang dibunyikan tak ada satu gol pun yang bersarang di gawang Joko Ribowo.

Itu menjadi clean sheet keempat Joko dan Arema FC secara beruntun. Seperti diketahui, sebelum menghadapi Barito Putera, Arema FC meraih tiga kemenangan beruntun dengan skor 1-0. Yakni, atas PSIS Semarang (1/6), Perseru Serui (6/6), dan Persela Lamongan (7/7).

Bagi Arema FC yang mengawali musim dengan serangkaian hasil buruk, bahkan sempat menghuni dasar klasemen selama beberapa pekan, torehan ini tentu menggembirakan. Memang, Arema FC masih bertengger di peringkat 12 klasemen sementara Liga 1 dengan koleksi 19 poin.

Tapi, melihat jarak poin yang tidak terlalu jauh dengan tim di atas, membuat harapan untuk berprestasi masih cukup besar. Dengan Barito Putera sebagai pemuncak klasemen misalnya, Arema FC hanya berjarak delapan poin. Bahkan, Arema FC hanya berselisih empat poin dari Sriwijaya FC yang saat ini menduduki peringkat ketiga.

Sebab itulah, tak heran jika Pelatih Arema FC Milan Petrovic terlihat semringah seusai laga kontra Barito Putera. ”Kami gembira dengan pertandingan barusan (kemarin). Kami berusaha mencetak poin (kemenangan). Tapi, Barito bermain bagus. Skor imbang ini hasil yang menggembirakan bagi Arema FC,” kata dia.

Sementara itu, Pelatih Barito Putera Jacksen F. Tiago angkat topi atas keberhasilan Arema FC meraih poin di Stadion 17 Mei. ”Sebenarnya kami punya sebuah rencana untuk pertandingan ini. Sayang sekali, rencana yang kami punya tidak bisa berjalan maksimal. Kami beri apresiasi kepada Arema karena bisa menahan laju kami,” ujar pelatih asalBrasil yang pernah menjadi pemain Persebaya ini. (c2/muf/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #arema-fc #liga-indonesia 

Berita Terkait

Arema FC vs Madura United, Siapkan “Kuburan” Sape Kerrap

Liga Indonesia

Persib Putus Rekor Buruk atas Arema

Liga Indonesia

Hadapi Persib, Arema Abaikan Rekor Pertemuan

Liga Indonesia

IKLAN