X CLOSE Laporan Kinerja DKPP
Rabu, 19 Desember 2018 12:35 WIB

Politik

Jokowi-TGB Bisa Menang Satu Putaran

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Direktur Eksekutif Indonesian Democratic Center for Strategic Studies (INDENIS), Girindra Sadino menilai, manuver politik TGB Zainul Majdi dengan mendukung Presiden Jokowi merupakan langkah cerdas serta spektakuler. Nama TGB pun digadang-gadang menjadi kandidat terkuat Cawapres Jokowi.

Girindra meyakini, bila duet Jokowi - TGB terwujud, maka isu-isu sara yang selama ini menjadi momok demokrasi bangsa ini akan rontok. Sebab, TGB merupakan gubernur dua periode serta ulama kharismatik yang memiliki ribuan jamaah.

"Beliau orang muda, mewakili kaum agamis yang berani keluar dari pemikiran biasa. Walau namanya dicoret dari PA 212, bagi beliau hal tersebut tidak berarti," papar Girindra kepada INDOPOS di Jakarta, Kamis (12/7).

Lebih jauh lagi, faktor politik pendukung pasangan ini, menurut Girindra adalah sentimen pasar politik luar Jawa yang diharapkan dapat tergerak untuk lebih memilih kombinasi pasangan bercitra Jawa dan luar Jawa. Lalu secara konsepsional, Jokowi - TGB dinilai lebih berorientasi kerakyatan, nasionalis dan religius sehingga diharapkan dapat meraih dukungan pemilih nasionalis dan agamis. 

Girindra meyakini, bahwa keputusan TGB untuk melakukan pendekatan politik terhadap Jokowi pasti diketahui, bahkan direstui oleh Ketua Umum Partai Demokrat Susilo Bambang Yudhoyono. Kata Girindra, SBY memainkan manuver politik kepemimpinan situasional kepada TGB untuk mendekati Jokowi.

"Hal ini memang layak dan tepat diperankan oleh TGB yang dapat merangkul semua kalangan, baik dari nasionalis maupun agamis," tandasnya.

Selain itu, menurut Girindra, swing voters juga tidak menjadi kecil, justru sebaliknya. Ia nilai, di tengah ketidakjelasan ideologi yang dianut hampir semua parpol, membuat pemilih dalam posisi indifference untuk memilih satu partai dengan yang lain. Kemudian seringkali kondisi ini yang dapat dijadikan acuan untuk menentukkann pilihan adalah figur pemimpin partainya. 

"Maka dengan kondisi ini, dapat diprediksi Pasangan Jokowi dan TGB akan menang satu putaran," tutupnya. (jaa)


TOPIK BERITA TERKAIT: #menanti-cawapres-jokowi 

Berita Terkait

IKLAN