Senin, 20 Agustus 2018 02:27 WIB
pmk

makanmakan

Sup Kepala Ikan, Menu Warisan yang Jadi Andalan

Redaktur:

INDOPOS.CO.ID - Untuk menikmati Sup Kepala Ikan, wisatawan tidak harus pergi ke daerah pesisir Pulau Bali, karena di pusat Kota Denpasar sangat banyak warung atau rumah makan yang menyajikan menu satu ini, salah satunya Warung Be Sanur .

Warung Be Sanur yang berlokasi di Jalan Tantular Denpasar dan Jalan Siligita Nusa Dua ini, memiliki menu masakan yang resepnya sudah ada sejak tahun 1930-an.

Salah satu owner Warung Be Sanur, Putu Andika Angga Putra mengatakan, Sup Kepala Ikan yang disajikan di Warung Be Sanur ini adalah menu yang resepnya sudah dimiliki sejak tahun 1930. “Resep Sup Kepala Ikan yang kami jual ini umurnya cukup tua, karena sudah menjadi resep warisan keluarga,” jelasnya kepada Bali Express (INDOPOS Group), kemarin.

Dari segi tampilan, Sup Kepala Ikan ala Warung Be Sanur ini memiliki penampilan yang sama dengan Sup Kepala Ikan yang disajikan oleh warung makan lainnya di Denpasar. Namun dari segi citarasa, Sup Kepala Ikan  di Warung Be Sanur ini memiliki citarasa rempah yang lebih tajam.

Selain itu, untuk menghilangkan rasa amis, Sup Kepala Ikan ini juga dilengkapi dengan mentimun. Jadi, ketika menyeruput kuah sup, maka perpaduan rasa pedas, gurih dan sedikit asam akan terasa lembut di lidah. 

Selain penggunaan bumbu yang tidak pelit, yang membuat Sup Kepala Ikan ini istimewa, bahan dasar yang digunakan untuk membuat sup ini kepala ikan segar yang diterima dari para nelayan pagi.
"Karena menggunakan ikan segar, maka citarasa daging ikan yang dinikmati  juga berbeda. Dagingnya memiliki tekstur yang padat dan tidak mudah lepas," bebernya. Untuk jenis ikan yang digunakanpun, lanjut Andika, adalah jenis ikan yang hidup di terumbu karang, diantaranya  ikan Kakak Tua, Kerapu,  dan Kakap. 

Satu porsi Sup Kepala Ikan ini disajikan dengan satu porsi nasi putih dan satu potong ikan goreng. Ikan Goreng yang disajikan ini ukurannya cukup besar plus sambal terasi pedas yang dibanderol dengan harga Rp 35 ribu per porsi.

Berbeda dengan warung makan ataupun restoran lainnya yang memiliki beragam jenis pilihan menu, di Warung Be Sanur ini, pelanggan akan menemukan satu paket menu saja, yakni paket Sup Kepala Ikan lengkap dengan nasi putih dan Ikan Goreng saja.

Andika  tidak mau memambah jenis menu makanan di warungnya, karena ingin wisatawan ataupun pelanggannya yang datang bisa menikmati menu khusus Sup Kepala Ikan yang dimasak dengan resep warisan keluarganya. “Saya yakin ikan itu universal dan diterima berbagai kalangan. Ketika pengunjung yang datang ke Be Sanur sudah punya pilihan, tanpa bingung mau makan apa saat disodorkan daftar menu,” jelasnya. (bx/gek/yes/JPR)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Salad Cantik dan Sehat ala Incanto

makanmakan

Salad Cantik dan Sehat ala Incanto

makanmakan

Chicken Confit, Makanan Rumahan yang Dirindukan

makanmakan

Chicken Confit, Makanan Rumahan yang Dirindukan

makanmakan

Rawon, Makanan Tradisional Tampilan Berkelas

makanmakan

Rawon, Makanan Tradisional Tampilan Berkelas

makanmakan

IKLAN