Senin, 20 Agustus 2018 02:29 WIB
pmk

makanmakan

Menu Sea Food dengan Gaya Penyajian Khas Bali

Redaktur:

Enak--Salah satu menu Ulam Restaurant Nusa Dua di Jalan Pantai Mengiat Nomor 14 Nusa Dua Badung.

INDOPOS.CO.ID - Nusa Dua menjadi salah satu kawasan wisata favorit bagi wisatawan asing yang berkunjung ke Bali. Akomodasi wisata di kawasan ini sangat lengkap, mulai dari hotel, wahana bermain hingga restoran.

Dengan menyandang predikat sebagai salah satu pusat industri pariwisata di Bali secara langsung mnejadikan kawasan ini sebagai salah satu kawasan elite di Bali,.

Namun demkian, tidak semua akomodasi wisata di kawasan ini mengusung konsep industri modern. Di banyak titik kawasan Nusa Dua masih bisa ditemukan dengan mudah, akomodasi wisata yang menyediakan nuansa budaya Bali, khususnya industri kulinernya.

Salah satu restoran di kawasan Nusa Dua yang masih setia menyediakan menu makanan lokal dengan gaya penyajian yang sederhana adalah Ulam Restaurant Nusa Dua. Meski banyak pula wisatawan mancanegara yang menjadi konsumen.

Ulam Restaurant Nusa Dua terletak di Jalan Pantai Mengiat Nomor 14 Nusa Dua Badung. Wisatawan yang datang ke Bali tidak perlu repot, karena sebagian besar sopir taksi ataupun penyedia jasa transportasi di kawasan ini sudah mengetahui dimana lokasi restoran ini. Lantas apa yang menarik di restoran ini?

Komang Tri Dharmaja , salah satu pengelola Ulam Restaurant, ketika ditemui di Denpasar beberapa waktu lalu, sebagai rumah makan khas Bali, Ulam Restaurant ini secara konsisten menyajikan menu makan berbahan dasar sea food dengan gaya penyajian khas Bali. “Sejak awal berdirinya, hingga saat ini rumah makan kami ini memang konsisten untuk menyajikan menu berbahan dasar sea food segar,” jelasnya.

Kenapa sea food? Ketika ditanya demikian, Komang Tri menjelaskan dipilihnya menu sea food sebagai menu utama yang disajikan di restorannya karena lokasi restoran ini sangat dekat dengan laut. Sehingga untuk memperoleh bahan segar, dikatakan alumni Jelewelery Desaign and Management Internastional School Singapore ini akan lebih mudah.

Untuk menunya sendiri, Komang Tri menyebutkan jika restorannya ini memiliki beberapa menu andalah yang sangat diminati oleh wisatawan yang datang ke restorannya. Ada nasi Bali yakni menu yang terdiri atas satu porsi nasi yang dihidangkan bersama dengan ikan bakar khas Ulam Restaurant dan dilengkapi dengan sambel uleg dan lalapan.

Komang Tri menerangkan, yang menarik dari menu makanan ini adalah menu penyajiannya. Yakni disajikan dalam satu piring. “Cara penyajian kami masih tradisional, sehingga untuk menyajikan satu menu ini disajikan dalam satu piring dan dialasi dengan daun pisang, pokoknya masih seperti kita makan di rumah dengan alas daun pisang,” ungkapnya.

Selanjutnya ada sea food parade. Sesuai dengan namanya yakni satu menu yang disajikan dalam satu piring yang terdiri atas satu porsi nasi putih, berbagai macam laut berupa hasil laut, seperti ikan, kepiting, baby lobster, udang, cumi-cumi dan kerang yang disajikan dengan tambahan sambal uleg dan lalapan.

Untuk seluruh menu makanannya, Komang Tri mengatakan jika dimasak dengan metode memasak yang singkat dan menggunakan bumbu sederhana. Hal ini dilakukan karena seluruh bahan baku yang digunakan adalah bahan baku segar.

Sehingga dengan memasak secara singkat dan tanpa menggunakan campuran bumbu yang banyak, maka rasa asli dari bahan segar ini dikatakannya akan keluar dengan maksimal. “Untuk bumbu yang kami gunakan adalah bumbu sederhana khas Bali, kami tidak menggunakan MSG karena bahan yang kami pakai adalah bahan segar, sehingga untuk mendapatkan citarasa lezat tidak diperlukan adanya tambahan MSG lagi,” paparnya. (bx/gek/aim/yes/JPR)

 


TOPIK BERITA TERKAIT: #kuliner #indoposmakan-makan 

Berita Terkait

Salad Cantik dan Sehat ala Incanto

makanmakan

Salad Cantik dan Sehat ala Incanto

makanmakan

Chicken Confit, Makanan Rumahan yang Dirindukan

makanmakan

Chicken Confit, Makanan Rumahan yang Dirindukan

makanmakan

Rawon, Makanan Tradisional Tampilan Berkelas

makanmakan

Rawon, Makanan Tradisional Tampilan Berkelas

makanmakan

IKLAN