Selasa, 16 Oktober 2018 12:37 WIB
pmk

Hukum

Mantan Dirut Pertamina Belum Ditahan, Jaksa Agung: Nanti Bertahap

Redaktur: Ali Rahman

Jaksa Agung HM Prasetyo. Foto: Yudha Krastawan/INDOPOS.

INDOPOS.CO.ID - Kejaksaan Agung (Kejagung) mengisyaratkan akan menahan mantan Dirut PT Pertamina, Karen Galaila Agustiawan yang menjadi tersangka dalam kasus dugaan korupsi penempatan investasi Pertamina di Blok Basker Manta Gummy (BMG) Australia tahun 2009 senilai Rp 568 miliar. 

Namun penahanan tersebut akan dilakukan secara bertahap dengan tersangka lain yang belum ditahan. 

"Nanti bertahap lah itu, kita kan enggak bisa (sekaligus), ada kalanya bisa bersama-sama sering kali juga tidak bersama-sama. Yang pasti perkaranya jalan terus. Di sini (Kejagung) enggak ada perkara mandek," jelas Jaksa Agung Muhammad Prasetyo di Komplek Kejagung, Jumat (10/8/2018). 

Dalam kasus ini, diketahui, Kejagung juga menetapkan mantan Manager Merger & Acquisition (M&A) pada Direktorat Hulu PT Pertamina Bayu Kristanto, Chief Legal Councel and Compliance Pertamina Genades Panjaitan dan mantan Direktur Keuangan Pertamina, Frederik Siahaan sebagai tersangka. Namun dari para tersangka, hanya Bayu Kristanto yang sudah ditahan oleh Kejagung. Bayu sendiri ditahan di Rutan Salemba Cabang Kejagung, Rabu (8/8/2018).

Menanggapi hal ini, Prasetyo mempertimbangkan melanjutkan penahanan  untuk tersangka lain setelah menahan Bayu Kristanto. "Kita tunggu tahap selanjutnya, ini berarti kita semakin yakin, bahwa semua bukti-bukti diperlukan sudah di dapatkan," jelasnya. 

Kendati demikian, mantan Jaksa Agung Muda Pidana Umum itu mengingatkan pihaknya tidak asal menahan tersangka tanpa alasan yang kuat. "Kita tidak mau ceroboh. Makannya kita intensifkan dulu penyelidikan dan penyidikannya. Ketika penyidik semakin yakin dan koordinasi dengan semua pihak, terkumpul alat bukti baru dilakukan upaya paksa penahanan," jelasnya. (ydh)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kasus-dugaan-korupsi-penempatan-investasi-pertamina-di-blok-basker-manta-gummy #pt-pertamina #jaksa-agung #karen-galaila-agustiawan 

Berita Terkait

IKLAN