Jumat, 16 November 2018 08:42 WIB
pmk

Jakarta Bentuk Tim Gabungan Suplai Air

Redaktur:

Foto : Ilustrasi

INDOPOS.CO.ID - PAM Jaya bersama PALYJA dan AETRA membentuk Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian Games, di tengah musim kemarau yang melanda Jabodetabek. Tim ini memiliki wewenang untuk memobilisasi sumber daya yang dibutuhkan dalam mendukung Asian Games termasuk pengecekan detail, perbaikan dan pengamanan suplai dan kualias air, serta pengiriman truk tangki air ke lokasi dengan segera.

Direktur Utama PAM Jaya Erlan Hidayat mengatakan, bahwa PAM Jaya menyiapkan 17 unit truk tangki untuk mendukung Asian Games, 6 diantaranya sudah proses akreditasi oleh pihak penyelenggara Asian Games.” PAM Jaya juga mendapatkan bantuan truk tangki dari Kementerian PUPR sebanyak 20 unit yang standby apabila dibutuhkan,” ujar Erlan di Jakarta, Senin (13/8).

Dalam masa persiapan, menurut Erlan Tim Gabungan Suplai Air Bersih Asian Games tengah melakukan beberapa pekerjaan, diantaranya pengecekan rutin kualitas air di seluruh venue Asian Games di Jakarta. Pengecekan ini tidak hanya sampai pada titik meter dinas milik PAM saja, namun juga sampai kepada titik kran pelanggan untuk memastikan kondisi kualitas air tetap terjaga seperti yang dipersyaratkan di dalam Permenkes nomor 492 tahun 2010.

“ Pengecekan kualitas air pada Drinking Fountain yang terdapat di kawasan Gelora Bung Karno dan Velodrome. Sebanyak 40 titik drinking fountain Indoor dan 16 titik drinking fountain outdoor di kawasan GBK dan 1 titik drinking fountain di Velodrome yang dibangun Aetra,” terangnya.

Serangkaian koordinasi dalam memberikan bantuan teknis dan supervisi lainnya kepada PPKK dan GBK sebagai BLU (Badan Layanan Umum) yang mengelola kompleks Kemayoran dan komplek Gelora Bung Karno.

“ Hal ini perlu dilakukan mengingat PAM Jaya bertanggung jawab hanya sampai dengan meter induk di kedua area tersebut, untuk instalasi setelah meter induk menjadi tanggung jawab dan wewenang PPKK dan GBK,” ungkapnya.

Melakukan pemasangan sambungan baru ke GOR Ciracas dan Equistrian, serta melakukan perbaikan instalasi dalam di GOR Tanjung Priok, Gelanggang Remaja Jakarta Utara dan GOR Bulungan.

Pembuatan Standard Operation Procedure (SOP) terkait mekanisme buka tutup pintu air di Karet.

“ Hal ini menjadi perhatian karena dengan mekanisme buka tutup mampu memberikan tambahan suplai air baku bagi PAM Jaya,” ucapnya.

Koordinasi dengan pihak Perum Jasa Tirta II (PJT II) dan Balai Besar Wilayah Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) untuk sama-sama memelihara kecukupan level air baku pada Saluran Tarum Barat mengingat 81% air baku Jakarta berasal dari Waduk Juanda yang dialiri melewati Saluran Tarum Barat.

Koordinasi dengan PLN untuk kehandalan suplai listrik pada gardu-gardu yang berkaitan dengan instalasi dan pompa untuk mengolah air baku yang berasal dari PJT II serta mendistribusikannya ke pelanggan.

Layanan Call Center 24 jam khusus Asian Games. Terdapat 3 nomor call center 24 jam yang akan melayani setiap permasalahan air di venue Asian Games yaitu: 021-29979999; 021-86909999 dan 021-5746130 “ Secara teknis, PAM Jaya dan Mitra swasta sudah siap mendukung dengan kuantitas, kualitas dan kontinuitas air yang cukup untuk Asian Games di Jakarta," tegas Erlan.

Namun Erlan menambahkan, bahwa tentu ada hal lain yang berada diluar kendali PAM Jaya. Pihaknya berharap agar kondisi air baku Jakarta tidak terlalu berat dipengaruhi oleh kemarau, karena kondisi kemarau saat ini sudah mulai menurunkan debit dan kualitas air baku dari Kali Krukut.

PAM Jaya juga berharap agar tidak ada gangguan pada kehandalan supply listrik, mengingat seluruh proses pengolahan air bersih serta pendistribusiannya bergantung pada kehandalan suplai listrik dari PLN. “ Tidak hanya air, harapannya semua pihak yang terlibat akan bekerja pada Top Performance nya dalam menyambut Asian Games ini,” ujarnya. (nas)


TOPIK BERITA TERKAIT: #kemarau-datang-senyum-warga-menghilang #kemarau #pdam 

Berita Terkait

Kekeringan Masih Melanda Ngawi

Nusantara

Suplai Air PDAM Terhenti Sementara di Sejumlah Wilayah

Jakarta Raya

Pelanggan Nilai Kualitas Air PDAM Jelek



Banten Raya

Warga Berburu Air di Lereng Jurang

Nusantara

Kemarau, Ratusan Hektare Lahan Pertanian Menganggur

Banten Raya

Dampak Kekeringan, Minum Air Sungai

Nusantara

IKLAN