Selasa, 25 September 2018 04:44 WIB
pmk

Nusantara

Melihat Pesona Gunung Hidup Karangetang, Sulut

Redaktur:

INDAH- Suasana pendakian Gunung Karangetang di Kepulauan Sitaro. Turis mancanegara menjadikannya sebagai salah satu objek wisata ekstrem. Dok Dominic Derek for MP /jpg

INDOPOS.CO.ID - KARANGETANG salah satu gunung berapi paling aktif di Indonesia, yang terletak di Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Kabupaten Kepulauan Sitaro, Pulau Siau. Sebagai gunung 'hidup', Karangetang kerap menjadi momok menakutkan bagi warga. Namun hal ini malah menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan, khususnya turis dari daratan Eropa.

Gunung Karangetang dikenal sakral. Ini salah satu daya tarik yang membuat wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung dan merasakan sensasi mendaki gunung berapi aktif itu. Mandfred Ehrenberg, salah satunya. Turis berkebangsaan Jerman ini menuturkan, pendakian Karangetang sangat mengesankan. "Tentu saja, selain sensasi yang dirasakan saat mendaki, pemandangan serta keindahan alam melengkapi perjalanan kami. Paling mengesankan ketika melihat cahaya lava yang menyala di mulut gunung, dengan jarak cukup dekat," tuturnya.

Silvia Hein, warga Jerman lainnya membeberkan, dalam rombongan mereka, punya tujuan berbeda saat menaiki Gunung Karangetang. "Sebab saya ingin lebih mengenal gunung yang dalam beberapa literatur menjadi berkah bagi warga karena berkontribusi menjadikan tanaman pala dari Pulau Siau, menjadi king of species, sehingga memiliki kualitas terbaik," singkatnya.

Memang untuk mencapai puncak, pendaki bakal disuguhkan banyak tantangan. Mulai dari jalur pendakian sedikit sulit, hingga beberapa cerita mistis yang menghiasi gunung penuh berkah tersebut.

Jika pendaki mengikuti rute yang disarankan, serta tetap berpatokan pada batas aman pendakian di titik 500 meter dari permukaan laut, akan meminimalisir risiko. Untuk track pendakian, jalur aman dimulai dari Desa Dame, Kecamatan Siau Timur. Jangan khawatir, sulitnya medan akan dibalas dengan indahnya pemandangan saat di puncak gunung. Sepanjang perjalanan pun, pendaki bakal disuguhi menawannya Pulau Siau dan kayanya spesies di Gunung Karangetang. Salah satu yang diburu pendaki adalah tontonan percikan lava. Ini bisa dilihat dari dekat.

Dominic Derek, salah satu pemandu mengatakan, panorama gunung aktif merupakan spot menarik dan menakjubkan bagi wisatawan yang memiliki hobi fotografi. "Serta menjadi candu pemburu sunrise. Tentu pemandangan matahari terbit, laut serta puncak gunung yang dipenuhi batu menjadi bagian lain dari dunia. Ini hanya ada di Pulau Siau," tutur Ketua DPC HPI Sitaro tersebut.(DON RAY PAPULING, Sitaro/jpg)


TOPIK BERITA TERKAIT: #wisata-bahari 

Berita Terkait

IKLAN