Sabtu, 20 Oktober 2018 07:26 WIB
pmk

makanmakan

Hidangan Barbeque Jadi Andalan

Redaktur: Achmad Sukarno

Foto: Zulhaidah Bahar/INDOPOS

INDOPOS.CO.ID - Jardino merupakan restoran yang berada di daerah Setiabudi, Jakarta Selatan ini memiliki menu dengan hidangan barbeque (BBQ) ala Italia sebagai hidangan utamanya.

Jardino menamakan menu ini BBQ Country Style Back Ribs. Sajian tersebut menggunakan ribs atau iga sapi. Pelayan datang membawa piring saji ini pertanda pesanan Anda sudah siap. Seporsi BBQ Country Style Back Ribs yang empuk dan harus langsung memanjakan mata. Harum aroma daging pun membuat perut langsung lapar.

Irisan daging iga yang empuk, tipis, dan berlumur saus bbq nikmat membuat Anda tak sabar untuk menyantapnya. Tak butuh usaha berat untuk bisa menikmati lezatnya daging tersebut. Dalam sekali iris, potongan daging langsung terkoyak.

Untuk membuat jadi empuk, Marianda, Head Chef Jardino mengatakan daging bbq ini direbus terlebih dahulu untuk mengeluarkan darahnya. Kemudian dioven bersama bumbu-bumbu. “Daging kami rebus sebentar, kemudian di oven dengan bumbu seperti demi glace, saus tomat, air. Setelah itu dioven dua sampai tiga jam, dengan metode slow cook,” ucapnya.

Potongan daging terasa gurih. Rasa bumbu paling kuat dan khas terasa di bagian terluar daging yang berwarna kehitaman. Hanya saja, lapisan hitam ini bukalah daging yang gosong, melainkan lapisan bumbu dan jus daging yang terkaramelisasi akibat proses pengovenan.

Irisan daging sapi import yang memang jadi primadona para pecinta daging minim lemak. Marianda  mengatakan, lemak dari daging memang sengaja diminimalisir, namun tak semuanya dihilangkan. Tak dipungkiri, lemak ‘bumbu rahasia’ yang membuat daging jadi makin lezat dan gurih. Lagipula, proses pengovenan yang lama juga akan membuat lemak tipis tersebut mencair.

Hal itu jugalah yang membuat potongan daging jadi lumer di mulut. Jika suka tambahan saus untuk menambah rasa nikmatnya, siraman saus bbq bisa jadi pilihan yang sesuai.

Saus bbq ini, diakui Anda sapanya juga merupakan racikan sendiri. Saus ini terbuat dari beberapa bumbu rempah rahasia, yang ditambahan dengan minyak dari si daging yang dioven tadi.

Semua porsi makanan yang disajikan langsung diberi saus. Bagi yang suka makan dengan banyak saus, Anda bisa menuang saus sebanyak yang diinginkan. Atau untuk yang tidak suka saus, Anda tak perlu pusing menolak pilihan saus yang ada.

Hanya saja, ada baiknya untuk mencicipi kenikmatan kelezatan daging dalam rasa aslinya. Rasa daging asli memiliki cita rasa yang manis dan gurih

Seporsi BBQ Country Style Back Ribs yang disajikan tergolong punya porsi besar dengan berbagai side dish yang sangat mengenyangkan. Selain irisan daging ada tambahan seperti brokoli, stuff tomato dengan keju mozarella. Selain itu ada kentang sebagai karbohidrat dalam sajian itu. Kentang yang disajikan bukan kentang pada umumnya yang hanya sekedar digoreng. Namun kentang ini direbus dulu, lalu ditumbuk-tumbuk hingga halus. Setelah itu baru dibentuk, tak lupa chef memberikan sedikit bumbu-bumbu kedalam tumbukkan kentang itu.

Dengan harga Rp 200 ribu, Anda sudah bisa menikmati hidangan daging USA.(zbs)


TOPIK BERITA TERKAIT: #hidangan-barbeque 

Berita Terkait

IKLAN